Tips Memperindah Akuarium Ikan Arwana

Pertanianku — Ikan arwana memiliki tubuh yang pipih atau compressed. Oleh karena itu, ikan ini dapat dinikmati keindahannya hanya dari samping. Bentuk tubuh yang pipih membuat arwana lebih cocok untuk ditempatkan di akuarium. Jika Anda berminat untuk memelihara arwana, sebaiknya simak terlebih dahulu tips di bawah ini agar akuarium ikan arwana Anda menjadi menarik.

akuarium ikan arwana
foto: [ertanianku
Bentuk dan ukuran akuarium

Ukuran dan bentuk akuarium akan mengikuti ukuran tubuh arwana. Selain agar ikan arwana bisa bergerak bebas, ukuran perbandingan besaran akuarium akan memengaruhi kesan saat dipandang.

Loading...

Misalnya saja untuk arwana dengan ukuran panjang tubuh kurang dari 20 cm, ukuran akuarium yang cocok digunakan adalah 60 cm × 30 cm × 32 cm atau 80 cm × 40 cm × 42 cm. Ketebalan kaca yang dibutuhkan adalah 5 mm.

Sementara, untuk ikan arwana yang berukuran lebih dari 20 cm, membutuhkan akuarium yang berukuran 100 cm × 50 cm × 45 cm dengan ketebalan kaca 8 mm. Untuk ikan yang berukuran lebih dari 45 cm, akuarium yang dibutuhkan adalah 120 cm × 60 cm × 55 cm dengan ketebalan kaca sekitar 10—12 mm.

Saat ini bentuk akuarium arwana sangat beragam. Ada yang hanya kerangka hingga dibentuk menjadi buffet.

Aquascaping

Sesuai dengan habitat asli dari ikan arwana adalah sungai dengan berbagai macam biota yang ada di dalamnya. Dengan menambahkan aquascaping seperti tanaman air, batu, kerikil, ataupun kayu, akan menampilkan kesan pemandangan di bawah sungai yang indah. Ikan pun akan lebih nyaman dan tidak mudah stres.

Namun untuk menghindari tanaman dirusak oleh ikan karena digigit dan ditarik, Anda dapat menggunakan kaca tipis untuk menyekat akuarium menjadi dua bagian. Dengan begitu, tanaman terlindungi. Jika Anda tidak menguasai teknik aquascaping, penggunaan foto tanaman dan benda alam lainnya dapat menjadi jalan alternatif untuk memperindah. Sementara, dasar akuarium dapat diberi pasir dan kerikil.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Penyakit pada Burung Anis Merah

Community tank dan paludarium

Ikan arwana terkenal dengan ikan yang soliter. Namun, ikan arwana juga bisa hidup bersama dalam satu wilayah. Nilai tambah dari penggunaan community tank adalah dapat menghemat tempat dan biaya pemeliharaan. Dengan memelihara lebih dari satu ikan arwana dalam satu akuarium besar seperti community tank atau paludarium, hal ini bisa menaikkan gengsi Anda.

Penempatan akuarium

Karena fungsi dari akuarium ikan arwana sebagai pajangan, penempatan akuarium harus di tempat pusat perhatian.

Perawatan akuarium

Perawatan harus dilakukan rutin agar akuarium bertahan lebih lama. Perawatan akuarium dilakukan dengan perawatan harian, perawatan mingguan, perawatan dua mingguan, dan perawatan bulanan.

Loading...
Loading...