Tips Mempersiapkan Tanaman Anthurium Menjadi Juara Kontes

Pertanianku — Bagi hobiis yang mengoleksi anthurium, mengikuti kontes anthurium dapat menjadi sebuah kebanggaan, apalagi bila tanamannya keluar menjadi sang juara. Namun, untuk mengikutinya, Anda perlu mempersiapkan tanaman anthurium dengan sederet perawatan agar meraih juara. Berikut ini beberapa tips perawatan anthurium dilansir dari buku 88 Tips dan Trik Jawara Anthurium.

kontes anthurium
foto: Pixabay

Repotting

Lakukan repotting sebulan sebelum kontes. Repotting tersebut perlu dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak membuat tanaman sengsara. Pada saat repotting, ganti media tanam yang baru dan pilihlah pot cantik yang sesuai dengan ukuran dan bentuk tanaman. Pemilihan pot yang tepat dapat menunjukkan keserasian penampilan tanaman. Pilihlah pot yang sesuai dengan bentuk keseluruhan tanaman.

Letakkan tanaman di posisi yang sesuai

Tanaman yang akan Anda konteskan perlu disimpan di tempat yang sesuai dengan kebutuhan hidupnya, mulai dari suhu, cahaya, kelembapan, hingga sirkulasi udara.

Berikan zat pemacu hormon

Agar pertumbuhannya tetap optimal, Anda perlu memberikan zat pemacu hormon selama sebulan. Merek zat pemacu yang dapat digunakan di antaranya Super Thrive, vitamin B1, dan Novelgrow. Zat tersebut perlu disemprotkan secara bergantian setiap tiga hari sekali. Dosis pemacu hormon yang digunakan adalah 1 ml per 10 liter. Zat tersebut harus disemprotkan secara merata ke seluruh permukaan daun. Bila masih ada sisa larutan, Anda bisa menyemprotkan sisanya ke media tanam.

Penyiraman

Tanaman perlu disiram dua hari sekali. Penyiraman sebaiknya dilakukan pada pagi hari pukul 08:00–09:00.

Lakukan pemutaran pot

Agar pertumbuhannya terlihat lebih kompak dan rimbun, Anda perlu melakukan pemutaran. Pemutaran membuat setiap helai daunnya mendapatkan sinar matahari secara proporsional.

Lakukan pengontrolan secara rutin

Tanaman yang akan dikonteskan harus dikontrol perkembangannya setiap hari. Pengontrolan berguna mencegah serangan penyakit. Anda juga bisa memberikan pestisida secara berkala seminggu sekali bila diperlukan. Merek dan dosis pestisida yang digunakan bisa disesuaikan dengan jenis penyakit.

Baca Juga:  Khasiat Jamur Kuping untuk Kesehatan

Bersihkan daun

Lakukan pembersihan daun, baik di bagian permukaan maupun di bagian bawah daun. Pembersihan dapat dilakukan dengan penyemprotan air atau mengelapnya dengan kain halus atau busa. Bila perlu, tambahkan cairan plant shine ke dalam air, lalu oleskan secara merata ke seluruh permukaan daun.

Simak berbagai info menarik seputar anthurium di dalam buku 88 Tips dan Trik Jawara Anthurium. Anda bisa mendapatkannya dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya atau berkunjung ke Shopee Mall Penebar Swadaya.