Tips Mempersiapkan Tanaman Cabai di Musim Hujan

Pertanianku — Musim hujan yang sebentar lagi akan datang dapat menjadi malapetaka bagi para petani cabai yang tidak siap dengan perubahan musim. Tanaman cabai akan menimbulkan berbagai masalah di musim hujan, salah satunya penyakit. Ada banyak penyakit yang bisa menyebabkan tanaman gagal panen. Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut agar siap menghadapi musim hujan.

musim hujan
foto: pertanianku

Panen saat permintaan pasar tinggi

Petani harus bisa memperkirakan kapan puncak permintaan di pasar akan berlangsung. Hal tersebut berguna untuk menentukan tanggal tanam yang tepat dengan mengurangi dari hari puncak panen. Selanjutnya, tinggal cocokkan dengan varietas cabai yang digunakan. Misalnya, cabai merah hibrida yang bisa dipanen saat berumur 75 HST (hari setelah tanam). Dengan pedoman tersebut, Anda bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengolah tanah lahan.

Loading...

Siapkan sarana penanaman sejak dini

Sarana penanaman yang harus dipersiapkan adalah turus dan gelagar penopang tanaman. Tanaman cabai akan tumbuh dengan cepat di musim hujan sehingga turus sudah harus dipasang sejak awal agar pertumbuhan akar dan dahan akan menyesuaikan dengan turus. Pemasangan turus yang terlambat dapat menyebabkan akar rusak.

Sesuaikan jumlah tenaga kerja

Jumlah tenaga kerja yang digunakan harus disesuaikan karena setiap hari di musim hujan akan turun hujan. Penggunaan tenaga kerja harus disesuaikan dengan kegiatan. Misalnya, pemasangan mulsa yang membutuhkan banyak tenaga kerja karena harus dilakukan dengan cepat sebelum hujan turun. Jika di tengah pemasangan mulsa sudah turun hujan, bisa menyebabkan akibat yang fatal.

Sediakan fungisida dan perekat yang lebih banyak

Pada musim hujan, tanaman cabai lebih rentan terkena serangan jamur yang menyebabkan penyakit parah pada tanaman. Sementara itu, fungisida yang diberikan pada musim hujan lebih mudah tercuci oleh air hujan. Oleh karena itu, Anda memerlukan campuran perekat-perekat fungisida saat penyemprotan.

Baca Juga:  Rempah-rempah yang Dibutuhkan untuk Membuat Keripik Tempe Semakin Lezat

Ada banyak persiapan yang harus dipersiapkan oleh petani cabai untuk menyambut musim hujan untuk meminimalisir kerugian. Dalam buku 8 Rahasia Sukses Tanaman Tahan Hujan terbitan Penebar Swadaya membahas tips jitu yang sangat bermanfaat untuk melindungi tanaman cabai di musim hujan. Segera hubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya untuk mendapatkan buku tersebut sebagai referensi Anda bertanam cabai!

Loading...
Loading...