Tips Menanam Buah Naga di Pot

Pertanianku— Buah naga bisa dibudidayakan di lahan dan di pot. Menanam buah naga di pot sering dilakukan oleh para pehobi tanaman buah, tanaman ini biasanya diletakkan di pekarangan rumah. Penggunaan pot memudahkan hobiis untuk mengatur tanaman sesuai dengan keinginan.

buah naga di pot
foto; Pertanianku

Pada dasarnya proses menanam buah naga di pot dengan di lahan hampir sama. Hal yang membedakan hanyalah persiapan yang harus dilakukan sebelum menanam. Anda harus mempersiapkan beberapa peralatan yang menunjang keberhasilan proses bertanam. Berikut ini hal-hal yang harus dipersiapkan.

Penyediaan pot

Pot menjadi sarana penting dalam budidaya tanaman buah naga di pot. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan pot sebelum mulai menanam. Pot yang dipilih harus dapat menopang tanaman buah naga agar tanaman tidak roboh akibat bobot tiang panjat. Hal ini karena buah naga memerlukan tiang panjat untuk tumbuh. Pot yang dapat digunakan antara lain drum bekas, semen, atau pot plastik.

Penyediaan tiang panjat

Tiang panjat merupakan tempat bagi bibit atau tanaman bertumbuh sehingga tanaman tidak roboh saat sudah besar. Tiang panjat yang dipilih harus mampu menahan bobot tanaman tanpa merusak pot tanaman.

Media tanam

Media tanam merupakan kebutuhan penting lainnya yang harus disiapkan sebelum bertanam buah naga. Media tanam yang akan digunakan dapat memengaruhi pertumbuhan tanaman. Oleh karena itu, jenis media tanam yang dipilih harus disesuaikan dengan tanaman tersebut.  Media tanam yang bagus terdiri atas campuran pasir, tanah, bubuk bata merah, pupuk kandang, dan kompos dengan perbandingan 2:1:2:3:1.

Penyediaan bibit

Bibit yang dibutuhkan untuk budidaya di pot sama seperti bibit yang ditanam di lahan. Bibit yang digunakan harus sehat, kekar, tidak terserang hama dan penyakit, serta berasal dari tanaman induk yang sehat.

Baca Juga:  Budidaya Mentimun di Pot

Penanaman

Setelah seluruh perlengkapan yang dibutuhkan terpenuhi, mulai dari pot, tiang panjat, media tanam, hingga bibit, Anda tetap perlu memberikan perlakuan pada media tanam yang akan digunakan. Media tanam yang terdiri atas beberapa bahan perlu dicampur hingga merata dan dimasukkan ke pot. Setelah itu, siram media tanam dan diamkan selama beberapa saat. Setelah media tanam mengering, Anda sudah bisa melakukan penanaman bibit.


loading...