Tips Menanam Buah Tin dalam Pot

Pertanianku – Buah tin memiliki nilai jual tinggi bukanlah karena tampilan fisiknya, melainkan berkat kelangkaannya. Dengan demikian, banyak yang menanamnya di pot. Tanaman buah tin dapat tumbuh pada suhu 21—27o C dengan kelembapan tinggi. Tanaman ini membutuhka sinar matahari penuh sepanjang hari untuk pertumbuhan, perkembangan tanaman, serta proses pematangan buah.

Buah Tin

Tanaman buah tin memiliki bunga yang tak terlihat, kecuali jika bakal buahnya dibuka. Penyerbukan bunganya pun khas, terjadi dengan bantuan tawon (lebah madu). Helai daunnya menjari, dengan ukuran sebesar telapak tangan.

Buahnya muncul dari ketiak daun yang berukuran sebesar bola pingpong. Ada yang bentuknya lonjong dan ada yang bulat. Warnanya bermacam-macam, seperti hijau dan ungu, tergantung varietasnya. Aromanya harum, teksturnya empuk, rasanya keset, manisnya sedang, sedikit mengandung air, dan berbiji kecil banyak.

  • Jenis Pilihan

Buah tin ada beberapa jenis, di antaranya buah yang berwarna ungu dan hijau muda.

Buah tin hijau berwarna hijau muda, yaitu conadria dan long yellow. Conadria memiliki warna kulit buah hijau kekuningan dengan daging buah merah muda. Buah ini dapat dikonsumsi segar dengan rasa yang tidak terlalu manis. Daya tahannya yang lama, produktif, serta tahan panas (kekeringan) dengan pohonnya yang kokoh dan berumur panjang.

Sementara itu, jenis long yellow memiliki warna kulit buah yang agak kekuningan dengan tangkai buah yang panjang, rasanya cukup manis, tetapi pematangan buahnya agak lambat Buah tin ungu, yaitu black ischia dan negronne. Black ischia berasal dari Italia, buahnya berwarna ungu tua sampai hitam dengan dasar buah kehijauan dan noda keemasan serta daging buah merah keunguan dengan rasa yang enak seperti sawo. Buahnya berbentuk seperti pir berukuran cukup besar (panjang 6,35 cm dan lebar 3,8 cm) dengan tangkai buah yang pendek.

Baca Juga:  Pentingnya Peremajaan Pohon Kopi

Sementara itu, negronne (violette de bordeaux) berasal dari distrik Negronne di Bordeaux, Perancis. Rasanya paling enak dibandingkan dengan buah tin lainnya. Daging buahnya berwarna merah tua dan kulitnya nyaris hitam. Kedua jenis tanaman buah tin ini cocok dijadikan sebagai tanaman dalam pot, apalagi negronne dengan sosok tanaman yang tegak, kokoh, dan cenderung kerdil.

  • Bertanam di Pot

 

Siapkan pot berukuran diameter 50 cm dan tinggi lebih dari 60 cm, lalu masukkan pecahan genting atau batu bata ke dalam dasar pot untuk mencegah keluarnya media tanam bersama air siraman. Selanjutnya, masukkan media tanam sampai mengisi minimal setengah pot.

Siapkan bibit yang dipilih berasal darisetek dengan ketinggian minimal 60 cm dan berdaun sempurna lebih dari enam helai. Batangnya tegak dan sehat dengan diameter 1 cm. Setelah itu, gunting polibag dan keluarkan bibit beserta media tanamnya dari polibag.

Tanam bibit tepat di tengah-tengah pot, lalu tambahkan media tanam hingga mendekati bibir pot. Siram bibit yang baru ditanam sampai media tanam basah. Tempatkan pot di lokasi teduh dalam beberapa hari, lalu pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari setelah segar.

Sumber: Buku 20 Tabulampot Rajin Berbuah


loading...