Tips Menanam Pepaya di Pot

Pertanianku — Tanaman pepaya memang lebih umum dijumpai ditanam langsung pada lahan, tetapi sebenarnya Anda bisa menanam pepaya di pot, seperti tanaman mangga, jeruk, dan tanaman buah dalam pot lainnya. Menanam pepaya di pot sebenarnya tidak begitu sulit, mengingat tanaman ini mudah tumbuh di Indonesia.

menanam pepaya di pot
foto: Pixabay

Untuk Anda yang penasaran ingin mencoba menanam pepaya di pot, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda ikuti.

Benih pepaya

Benih pepaya merupakan salah satu kunci keberhasilan menanam tanaman, termasuk menanam di dalam pot. Usahakan pilih benih pepaya yang bagus seperti membeli benih di toko pertanian atau berasal dari buah pepaya yang sudah terseleksi. Jika Anda ingin membenihkan sendiri, pilihlah biji pepaya yang memiliki buah memanjang, tidak cacat, bebas dari penyakit, dan buah tersebut sudah matang di pohon, bukan matang karena karbit.

Sebaiknya, pilih benih pepaya California. Hal ini karena pepaya California tidak terlalu besar sehingga mudah dipelihara di pot. Selain itu, rasa buah pepaya California lezat dan manis.

Pengolahan media tanam

Penanaman di lahan diawali dengan pengolahan tanah, yakni dengan membajak lahan dan menambahkan pupuk dasar serta kapur dolomit. Penanaman di pot juga perlu diawali dengan pengolahan media tanam dengan cara mencampurkan tanah pekarangan dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1.

Jangan langsung memasukkan media tanam ke pot. Anda perlu menggunakan pecahan batu bata atau genting sebagai lapisan awal di dasar pot untuk mencegah media tanam keluar terbawa air siraman.

Perawatan

Bibit yang sudah ditanam di dalam pot perlu dilakukan penyulaman setelah berumur 1,5 bulan sejak tanam. Amati perkembangannya saat tanaman memasuki masa bunga pertama yang tumbuh di ketiak daun. Bunga tersebut sudah tumbuh saat tanaman berusia 4 bulan.

Baca Juga:  Mikroorganisme Lokal dari Keong Mas

Panen

Tanaman pepaya sudah bisa dipanen setelah berumur 8—9 bulan setelah tanam. Produktivitas tanaman bergantung pada kondisi iklim, perawatan, dan varietas tanaman yang dipilih. Buah pepaya harus dipetik ketika hampir memasuki stadium matang pohon. Cirinya, terdapat garis menguning di permukaan kulit buah.