Tips Menanam Pohon Aren

Pertanianku – Seperti yang Anda ketahui bahwa kolang kaling yang berasal dari buah aren memiliki banyak manfaat bagi tubuh terutama bagi Anda yang menginginkan tubuh langsing dan sedang dalam program diet.

Tips Menanam Pohon Aren

Kolang kaling atau buah aren yang memiliki pohon dengan ketinggian hampir 25 meter ini banyak ditemui di daerah tropis termasuk di Indonesia. Tahukah Anda bagaimana petani membudidayakan jenis tanaman yang kaya akan serat.

Buah aren dapat ditumbuhkan di area perbukitan, pegunungan, dan lembah sebab tanaman ini tidak membutuhkan kondisi tanah yang khusus serta tidak memerlukan pemeliharaan yang intensif. Buah aren dapat tumbuhpada tanah liat, berlumpur ,dan berpasir pada ketinggian kira-kira 2000 m dpl dengan curah hujan lebih dari 1.200 mm setahun. Berikut tips membudidayakan pohon aren.

  1. Jangan memotong pelepah daun aren jika sudah mengeluarkan tandan karena dapat mengurangi produksi air nira pada pohon aren. Biarkan minimal 18 pelepah pada pohon.
  2. Membersihkan ijuk pada pohon. Pohon aren berbeda dengan pohon kelapa jika dilihat dari segi kebersihannya. Pohon aren ditumbuhi banyak ijuk sehingga membuatnya terlihat kotor. Maka dari itu, petani sering membersihkan ijuk yang menyelimuti pohon aren dan biasanya ijuk tersebut dijadikan sapu lidi.
  3. Hindari membeli bibit aren via kiriman kilat karena produsen terkadang tidak hati-hati dalam mengemas. Biji yang dipilih untuk pembibitan tanaman aren harus yang berkualitas baik dan sudah matang dengan sempurna.
Baca Juga:  Pupuk Pohon Rambutan agar Cepat Berbuah

loading...