Tips Menanam Pohon Asam Jawa


Pertanianku – Semua masyarakat Indonesia pasti mengenal asam jawa. Selain digunakan dalam bahan masakan, asam jawa juga berguna sebagai obat herbal yang baik. Membeli asam jawa di pasar memang lebih praktis, tapi jika menanam sendiri hasilnya bisa Anda petik sesuka hati.

Tips Menanam Pohon Asam Jawa

Menanam asam jawa tidaklah terlalu sulit bukan bearti Anda harus menanamnya sembarangan. Sebaiknya Anda ikuti panduan menanam asam jawa. Berikut tips menanam asam jawa.

  1. Tempat untuk menanam asam jawa harus dipenuhi dengan sinar matahari. Tidak memerlukan tanah jenis tertentu, tapi asam jawa tidak dapat hidup di area yang penuh air.
  2. Pemberian pupuk dapat dilakukan tiga kali dala setahun pada Maret, Juli dan September. Perlu diketahui bahwa asam jawa tidak tahan terhadap garam, sehingga jangan sekali-kali memberi garam pada akarnya.
  3. Pertumbuhan asam jawa bisa dikatakancukup cepat. Biasanya akan membutuhkan waktu hingga 4–5 tahun sebelum bunga mekar dan berbuah. Kondisi yang berbeda bisa saja terjadi tergantung dari varietas asam jawa apa yang Anda tanam.
  4. Sebelum musim hujan mulai pada musim semi buah asam jawa sudah matang. Jika hujan turun saat buah matang, jamur bisa menyerang hasil tanaman.
  5. Cara memanen asam jawa adalah dengan dengan menggoyangkan cabang dan mengumpulkan polongnya di atas tikar di bawah pohon. Ini hanya akan bekerja jika buah sepenuhnya matang dan hujan belum mulai. Jika tidak, Anda harus siap menyortir dengan tangan buah matang dan mentah untuk membersihkan buah yang busuk. Selesai dipanen, polongnya dijemur selama 5–7 hari untuk membuat semua buah matang. Kemudian Anda bisa menyimpannya selama 1satu tahun pada suhu kamar dan tempat yang kering.
Baca Juga:  Begini Cara Panen Buah Salak yang Benar
loading...
loading...