Tips Menanam Pohon Zaitun


Pertanianku – Zaitun adalah alternatif lain untuk membuat pekarangan rumah menjadi indah. Menanam zaitun bukanlah hal yang sulit. Ada beberapa tips penting terkait partumbuhan zaitun yang harus diketahui sebelum menanam agar dapat berkembang biak dengan baik. Pohon zaitun dapat tumbuh di tanah dan juga di pot. Mau tahu tips jitunya?

TIPS MENANAM POHON ZAITUN
wordpress

Berikut beberapa tips cara menanam zaitun di taman rumah, setelah zaitun selesai ditanam dan terlihat hasilnya zaitun akan tumbuh tanpa memerlukan perhatian ekstra. Beberapa tips penting untuk menanam zaitun di pekarangan rumah sebagai berikut:

  1. Iklim

Zaitun dapat tumbuh di musim dingin dan musim panas. Meskipun dengan temperature dingin tidak berbahaya. Namun es dapat mempengaruhi pertumbuhan buah zaitun. Pastikan bahwa musim mekar di musim panas, karena penyerbukan utama pada tanaman melalui angin. Iklim basah juga dapat mempengaruhi penyerbukan.

  1. Kekeringan 

Pohon zaitun dapat rusak jika tanah terlalu lembab dan basah. Selalu pastikan bahwa Anda menanam zaitun di daerah dengan tanah yang baik. Jika menanam dalam pot, pastikan bahwa Anda menggunakan tanah yang dapat mendukung pengairan yang baik.

  1. Persiapan tanah

Pastikan bahwa tanah mendukung drainase (kualitas air tanah). Gunakan pupuk sambil mempersiapkan tanah untuk menanam buah zaitun. Tanah harus lebih lebar, agar dapat membantu pertumbuhan akar yang baik. Menambahkan pupuk kompos dapat memberikan nitrogen yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman.

  1. Penanaman 

Anda dapat menanam buah zaitun baik secara langsung di tanah atau di pot. Siapkan tanah, yang memungkinkan terjadi drainase yang tepat. Tambahkan juga pupuk kandang. Sesudah ditanam pastikan  tanaman berada di bawah sinar matahari langsung.

  1. Pemangkasan

Saat pohon tumbuh sangat lambat, pemangkasan tidak selalu diperlukan. Tanaman yang tumbuh pot dapat tumbuh sedikit lebih cepat. Dalam kasus tersebut, Anda perlu melakukan pemangkasan. Pangkas cabang yang tidak diinginkan untuk mendukung pertumbuhan pohon.

  1. Pengendalian hama
Baca Juga:  Manfaat Tomat untuk Jaga Kesehatan Paru-paru Perokok

Pohon zaitun dapat mengalami serangan hama verticillium yang dapat mengakibatkan tanaman layu. Hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan normal dari tanaman. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan insektisida.

loading...
loading...