Tips ‘Menandai’ Ternak Domba


Pertanianku – Jika domba yang diternakkan jumlahnya mencapai puluhan atau ratusan ekor, peternak akan sulit mengenali satu per satu ternak domba miliknya. Kesulitan mengenali ternak ini akan membawa kesulitan pula dalam pencatatan data pemilihan bibit. Untuk mengenali domba dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut.

biskuit domba

  • Dengan kalung

Cara ini dapat dilakukan dengan memberikan kalung berlabel pada tiap ekor domba. Jika domba yang dipelihara 30 ekor misalnya, pada label cukup diberi nomor urut, mulai dari angka satu sampai dengan tiga puluh. Dengan demikian, peternak akan mudah mengenali atau mencari domba yang dimaksud.

  • Dengan sistem kerat

Sistem kerat dilakukan dengan melukai (mengerat) telinga untuk memberikan tanda, baik telinga sebelah kanan maupun sebelah kiri. Untuk melakukannya, cukup disediakan gunting biasa yang tajam, spirtus atau alkohol, kapas pembersih, dan obat merah. Caranya, pertama-tama telinga dibersihkan terlebih dahuludengan spiritus atau alkohol, kemudian telinga dilukai (dikerat) dengan bentuk huruf “V”. Pemberian tanda (kerat) di telinga kanan menunjukkan angka satuan, di telinga kiri bawah menunjukkan angka puluhan, di telinga kiri atas untuk jumlah ratusan.

  • Dengan tato

Cara ini dilakukan dengan memberi angka di telinga domba menggunakan jarum.

 

Sumber: Buku Beternak Domba

 

Baca Juga:  Guna Menekan Harga, Tata Niaga Daging Sapi Perlu Diubah
loading...
loading...