Tips Menata Bonsai Agar Terlihat Makin Indah

Pertanianku — Bonsai bukan sekadar tanaman hias yang berharga sangat mahal. Dalam bonsai juga mengalir unsur seni yang dibuat dengan hati sehingga penampilan bonsai bisa sangat berkharisma. Untuk mengeluarkan kharisma pohon tersebut, diperlukan proses penataan yang tepat. Menata bonsai tidak bisa dilakukan sembarangan, ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan dan simak ulasan berikut ini.

menata bonsai
foto : Pixabay

Bonsai yang ditata di luar rumah

Bonsai merupakan makhluk hidup yang membutuhkan air, matahari pagi, suhu stabil, dan sirkulasi udara yang baik. Bonsai memang lebih ideal diletakkan di luar ruangan. Penataannya harus rapi agar membuat tanaman ini tampak semakin eksklusif.

Loading...

Biasanya, bonsai diletakkan di atas rak atau pilar agar mudah untuk dipandang oleh seseorang yang tengah duduk atau berdiri. Rak tersebut bisa terbuat dari kayu atau beton dengan ketinggian sesuai selera pemilik. Yang terpenting tingginya dapat menunjang penampilan bonsai. Bonsai bisa diletakkan di bagian paling depan hingga bagian belakang.

Orang Indonesia biasanya menggunakan pilar dari beton atau kayu yang diletakkan papan di atasnya. Penggunaan pilar kayu lebih sering dilakukan oleh orang luar negeri karena dianggap lebih artistik. Namun, perawatannya jauh lebih mudah pilar beton yang tahan lama dibanding pilar kayu yang mudah lapuk.

Bonsai juga sering dikombinasikan dengan tanaman hias lain yang ditanam pada ceruk bebatuan berbentuk gunungan atau air terjun buatan. Hal ini dapat menciptakan suasana pedesaan pada halaman rumah.

Untuk melengkapi keindahan tanaman, gunakan lampu taman, jalan setapak, dan kolam ikan yang dapat menghidupkan suasana alami.

Di dalam ruangan

Tak hanya di luar ruangan, bonsai juga bisa diletakkan di dalam ruangan sebagai penyejuk dan penghias ruangan. Namun, bonsai yang diletakkan dalam ruangan harus yang fleksibel dan mudah dipindahkan karena tanaman harus rutin digilir dengan bonsai lain agar mendapatkan cahaya matahari. Pergantian tanaman dilakukan setiap 3 atau 4 hari sekali agar tanaman tidak merana.

Baca Juga:  Obati Asma dengan Tanaman Hias Irah-irahan (Cissus javana)

Menata bonsai kecil di dalam ruangan seringkali dilakukan di meja agar menambah kesan indah. Bonsai juga biasanya diletakkan pada sudut rumah menggunakan meja khusus. Di bagian dindingnya dilengkapi dengan lukisan berupa kaligrafi huruf kanji.

Untuk menambah karisma dari bonsai tersebut, gunakan lampu yang sinarnya menyebar ke sekitar area tersebut. Tempelkan lampu di langit-langit rumah agar tidak mengganggu pandangan dan keserasian penampilan.

Loading...
Loading...