Tips Menata Tanaman Hias Gantung


Pertanianku — Apakah halaman rumah Anda sempit sehingga membingungkan dalam menata tanaman Anda? Tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips menata tanaman hias gantung yang bisa Anda ikuti sehingga rumah terlihat indah dan rapi.

tips menata tanaman hias gantung
Foto: Pixabay

Rumah memiliki tembok atau dinding halaman yang makin lama akan mulai terkelupas atau catnya mulai pudar. Ini bisa Anda usahakan dengan membuat tanaman pot gantung. Namun, jika tidak ada tanah lagi yang bisa ditanami di halaman rumah. Anda juga dapat membuat gantungan di plafon halaman rumah. Sebelum itu, perhatikan tips berikut ini.

  1. Memilih tanaman yang sesuai

Apabila Anda berkunjung ke tempat penjual bunga atau tanaman, Anda mungkin akan melihat beberapa pilihan tanaman hias gantung yang sangat banyak. Harganya tentu bervariasi tergantung jenis dari bunganya. Untuk jenis tanaman hias gantung yang pas biasanya yang berjenis akar serabut dan yang tahan terhadap sinar matahari.

  1. Jenis pot berikut gantungannya

Macam-macam pot gantung bisa berasal dari pot plastik ataupun tanah liat ada juga yang terbuat dari bambu yang dibelah serta botol plastik bekas minuman ringan. Akan tetapi, biasanya kebanyakan orang suka dengan pot plastik. Disamping mudah menemukannya, ringan dan yang paling penting awetnya. Selain itu, pot plastik juga tidak mudah pecah jika jatuh nantinya, serta tahan terhadap cahaya matahari.

Selain itu, pot plastik sangat mudah untuk dilubangi pada bagian bawahnya, karena untuk tanaman gantung sangat membutuhkan lubang pembuangan air yang baik. Sementara, untuk penggantungnya bisa dibuat dari kawat, tali plastik atau tali ijuk agar tidak mudah putus.

  1. Penataan pot yang benar

Tanaman hias gantung yang berjenis anggrek, tak perlu repot untuk merawatnya. Anda hanya cukup meletakkan beberapa arang di dalam wadah atau pot tersebut, lalu gantungkan pada batang pohon kelapa atau apa pun, dan nantinya tanaman anggrek tersebut akan tumbuh dan berbunga.

Baca Juga:  Tanaman Hias Mini untuk Meja Kerja Pengusir Galau

Akan tetapi, untuk tanaman pot gantung lain, Anda harus mencampur beberapa bahan seperti tanah kebun, pupuk kandang dan humus dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Setelah tercampur semuanya, berikan lapisan ijuk, gunanya agar tanah tidak terbawa air ketika disiram.

Pada penataan tanaman pot gantung, sebaiknya lebih banyak berkreasi dari tempat gantungnya. Untuk bunganya, hampir semua tanaman gantung memiliki bunga yang sangat bagus. Permainan tempat tanaman gantung pot menjadi kunci agar halaman rumah Anda terlihat indah.