Tips Mencegah Akar Tanaman Menembus Pot Tabulampot

Pertanianku — Ada satu masalah yang sering dialami oleh para pehobi tabulampot, yaitu akar tanaman menembus pot tabulampot. Kejadian ini terbilang unik, padahal lubang yang ada di dasar pot berukuran kecil serta bahan yang digunakan juga kuat, tetapi masih saja akar menembus pot tabulampot.

akar menembus pot
foto: pertanianku

Lubang yang ada pada dasar pot berfungsi sebagai drainase air, porositas, serta sirkulasi atau aerasi udara. Lubang tersebut menjadi hal wajib yang harus dimiliki oleh pot yang digunakan untuk tabulampot.

Namun, masalah lain bisa datang ketika lubang tersebut malah menyebabkan akar tanaman keluar menembus pot. Biasanya, tabulampot yang diletakkan langsung bersentuhan dengan tanah akan lebih mudah lagi menyebabkan akar tanaman keluar dari lubang tersebut.

Loading...

Lubang yang tertutup karena pertumbuhan akar bisa menyebabkan lubang tersebut tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, Anda harus rutin memantau perkembangan akar agar jangan sampai tumbuh menembus lubang tersebut.

Solusi yang bisa dilakukan oleh pehobi tanaman buah dalam pot adalah rutin memutar pot tabulampot tersebut setiap satu bulan sekali. Pemutaran pot tersebut tidak perlu terlalu jauh, cukup 15—20 cm dan dilakukan di lokasi yang sama dengan letak tabulampot. Pemutaran dapat terus berlangsung secara rutin agar akar tanaman tidak akan tumbuh menembus pot.

Pemutaran tersebut berguna untuk mencegah akar yang sudah keluar dari lubang terus tumbuh dengan lebat. Cara ini bisa dilakukan untuk akar tanaman yang baru terlihat akan keluar dari lubang.

Anda juga diperbolehkan untuk memotong akar yang sudah telanjur tumbuh keluar dari lubang pot agar akar tidak terus tumbuh. Pemotongan tersebut bisa menyebabkan tanaman menjadi layu. Namun, Anda tetap bisa mengembalikan kondisinya dengan pengairan yang rutin dan pemberian vitamin tanaman.

Baca Juga:  Jurus Jitu Mengantisipasi Badai La Nina ala Kementan

Perawatan ini sebenarnya cukup penting untuk menjaga agar tabulampot bisa tetap tumbuh optimal dan menghasilkan buah. Namun, sayangnya masih banyak pehobi yang kurang mengerti cara ini sehingga membiarkan akar tersebut terus tumbuh keluar dari pot. Nah, mulai sekarang Anda jangan lupa untuk melakukan pengecekan terhadap akar yang akan menembus lubang pada pot.

 

Loading...
Loading...