Tips Mencegah Ayam Ngorok

Pertanianku Ayam ngorok saat tidur di malam hari merupakan tanda dari penyakit CRD (Chronic Respiratory Disease). Penyakit ini perlu mendapatkan perhatian lebih agar kondisinya tidak semakin parah. Sebenarnya, ayam ngorok bisa dicegah melalui beberapa cara seperti di bawah ini.

ayam ngorok
foto: Pertanianku

Perawatan litter

Perawatan dan kebersihan litter di dalam kandang harus dilakukan secara rutin agar litter tetap dalam kondisi kering. Litter sangat mudah basah karena kotoran dan tumpahan air minum. Ketebalan litter yang dibutuhkan sekitar 6—8 cm dengan rasio kotoran sekitar 40 persen. Jika rasio kotoran pada litter sudah lebih dari 40 persen, litter tersebut harus diganti atau dikeringkan untuk meminimalisir ammonia di dalam kandang.

Mengatur ventilasi di dalam kandang

Ventilasi berperan penting menyediakan udara yang bersih untuk ayam di dalam kandang dan mengeluarkan udara kotor dari dalam kandang. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah layar kandang yang harus terbuka, pastikan tidak ada yang tertutup, kecuali pada saat tertentu seperti angin kencang atau sedang hujan. Ammonia yang terlalu tinggi juga bisa menjadi pemicu penyakit selain CRD.

Densitas kandang

Densitas atau beban kandang harus diperhatikan karena hal tersebut akan memengaruhi kepadatan. Jangan sampai tingkat kepadatan di dalam kandang berlebihan sehingga menimbulkan dampak buruk selain ayam ngorok. Tingkat kepadatan kandang akan memengaruhi sirkulasi udara dan suhu di dalam kandang. Suhu kandang yang terlalu panas dapat menyebabkan nafsu minum meningkat dan nafsu makan menurun.

Kondisi nafsu minum yang meningkat akan menyebabkan urinasi yang dikeluarkan oleh ayam meningkat. Dengan begitu, kondisi di dalam kandang akan cepat basah karena kotoran yang berlebih.

Kotoran di bawah slat

Baca Juga:  Langkah Tepat Mendeteksi Kebuntingan pada Domba

Kotoran yang berada di bawah slat harus tetap kering dengan ketebalan yang standar. Kotoran yang berada di atas pondasi, terutama di bawah galon air minum harus sering dibersihkan agar tidak menyebabkan kelembapan yang dapat membahayakan ayam.

Jika ayam Anda sudah telanjur terkena penyakit CRD, segera berikan obat yang tepat untuk memutus rantai penyebaran penyakit CRD yang kompleks. Selain itu, berikan multivitamin dan jaga kebersihan di sekitar kandang agar ayam-ayam yang lain tidak ikut terkena penyakit.