Tips Mencegah Kelumpuhan pada Ayam

Pertanianku Kelumpuhan pada ayam termasuk salah satu permasalahan yang sulit dihindari ketika Anda beternak ayam dalam skala yang cukup luas. Pasalnya, ada berbagai penyebab kelumpuhan pada ayam, seperti mobilitas yang tinggi, terkena benda tajam, dan terbentur saat ayam meraih pakan.

kelumpuhan pada ayam
foto: Pertanianku

Kelumpuhan pada ayam sebenarnya bisa dicegah melalui beberapa cara, simak ulasan berikut.

Menghindari penumpukan

Kelumpuhan dapat terjadi saat ayam akan didistribusikan. Ketika jumlah ayam yang didistribusikan terlalu banyak, ayam tidak bisa bergerak dengan bebas sehingga rawan menyebabkan ayam lumpuh. Apalagi, jika jarak tempuh distribusi yang dilalui cukup jauh, hal tersebut akan memperparah kondisi ayam selama di perjalanan.

Untuk mencegah kelumpuhan tersebut, Anda perlu mengurangi jumlah ayam. Bagian depan ditutup hingga proses pemberian pakan di flok terakhir selesai dilakukan.

Menghindari luka pada kaki ayam

Luka yang muncul pada kaki ayam dapat menjadi penyebab lumpuh. Oleh karena itu, Anda perlu mencegah timbulnya luka di kaki. Pencegahan bisa dilakukan dengan pemasangan glangsing/zak dan sejenisnya di depan pintu untuk menutup slate. Hal ini berguna untuk menghindari kaki ayam terjepit ketika pintu flok dibuka.

Hilangkan benda-benda tajam di dalam kandang agar tidak melukai kaki ayam. Benda-benda tajam yang kemungkinan besar terdapat di dalam kandang adalah paku, kawat, pengikat grill, kaki through (tempat pakan), tangga dalam pen, dan lain-lain.

Penyemprotan desinfektan

Untuk mencegah munculnya penyebab kelumpuhan, Anda perlu melakukan penyemprotan slate dengan menggunakan desinfektan setiap satu minggu sekali setelah ayam makan. Penyemprotan sangat berguna untuk mengurangi jumlah kuman yang berada di permukaan slate. Kuman tersebut dapat menjadi penyebab kelumpuhan pada kaki ayam yang sedang terluka dengan cara menginfeksi.

Baca Juga:  Itik Master, Hasil Persilangan antara Alabio dan Mojomaster

Seleksi ayam

Ayam-ayam yang sudah terindikasi lumpuh harus segera dikumpulkan untuk dipisahkan dari ayam-ayam yang masih sehat. Seleksi ini berguna untuk mencegah ayam yang lumpuh terinjak-injak ayam yang sehat. Selain itu, penempatan pada kandang khusus akan memudahkan peternak merawat ayam yang lumpuh.