Tips Menentukan Jenis Tanaman Buah untuk Tabulampot


Pertanianku — Pernahkah kita membayangkan memetik buah dari pohon di pekarangan sendiri? Nah, hal itu kini bisa Anda lakukan, yakni dengan tabulampot (tanaman buah dalam pot). Sebelum itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tips menentukan jenis tanaman buah yang cocok untuk dijadikan tabulampot.

jenis tanaman buah
Foto: Google Image14

Berikut ini beberapa tips penentuan jenis tanaman buah yang cocok sebagai tabulampot.

  1. Kenali jenis tanaman buah

Banyak hobiis yang menjatuhkan pilihannya pada tanaman buah sebagai penghias halaman rumah. Hal ini dikarenakan perawatannya yang tergolong mudah. Asalkan syarat tumbuhnya dipenuhi, tanaman buah akan tumbuh subur.

Namun, setiap jenis tanaman memiliki karakter yang berbeda. Oleh karena itu, kita perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang jenis tanaman buah yang dipilih agar mampu tumbuh dengan optimal.

Buah yang tumbuh di dataran 0—800 m dpl (suhu 25—35 derajat Celcius) beriklim basah antara lain durian, rambutan, manggis, duku, pisang, pepaya, nanas, cempedak, nangka, avokad, lengkeng, jeruk siam, jambu bol, jambu biji, sirsak, srikaya, semangka, salak, sukun, belimbing, sawo, mundu, dan wuni. Adapun buah yang cocok tumbuh di dataran 0—800 m dpl (suhu 25—35 derajat Celcius) beriklim kering antara lain anggur, mangga, mete, srikaya, jeruk siam, dan jeruk besar.

Untuk dataran 800—3.000 m dpl (suhu 12—21 derajat Celcius) beriklim basah antara lain avokad, leci, markisa, pisang, dan kiwi. Sementara, dataran 800—3.000 m dpl (suhu 12—21 derajat Celcius) beriklim kering antara lain apel, pir, dan jeruk manis.

  1. Pilih tanaman buah yang cocok di pot

Pada dasarnya, semua pohon buah-buahan bisa ditanam sebagai tabulampot. Akan tetapi, tidak semua bisa dengan mudah berbuah di pot karena masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Jenis tanaman yang relatif mudah berbuah di pot antara lain jeruk, manga, dan jambu.

  1. Perhatikan kondisi pekarangan dan syarat tumbuh
Baca Juga:  Pohon Kersen, Berbuah Mungil Tapi Besar Manfaatnya

Sebaiknya tanaman disesuaikan dengan luas pekarangan dan kemampuan tumbuhnya. Misalkan, tanaman yang tinggi tentunya membutuhkan pekarangan yang luas minimal 12 m2 seperti durian, manga, dan alpukat. Jumlah tanaman buah yang ditanam pun harus disesuaikan dengan luas pekarangan. Jangan sampai tanaman berhimpitan dalam pekarangan dan tidak mampu tumbuh dengan optimal.

  1. Perhatikan penataan tanaman

Tanaman buah mampu memberikan perasaan nyaman, tenteram, dan ketenangan bagi pemiliknya. Warna hijau daun serta warna buah akan memberikan suasana tenang dan nyaman. Tanaman buah juga dapat menjadi penangkal debu ataupun pelindung dari sinar matahari secara langsung.

Letak tanaman sebaiknya direncanakan sebelum dibuat. Penataan bentuk dan pola pekarangan tergantung luas tanah, ketinggian tempat dari permukaan air laut, keadaan iklim, dan jenis tanaman.