Tips Menentukan Lokasi Bisnis Pertanian


Pertanianku – Penentuan lokasi usaha sangatlah relatif. Pemilihannya tergantungjenis usaha, potensi lokasi, modal yang tersedia, dan kemampuan melihat peluang. Berikut pertimbangan secara khusus dalam memanfaatkan, memilih, atau menentukan lokasi.

Menentukan Lokasi Bisnis Pertanian

  1. Lokasi strategis

Usaha budi daya yang memerlukan lokasi strategis biasanya komoditas hias. Lokasi tersebut dapat digunakan sekaligus sebagai tempat pemasarannya. Konsumen dapat langsung melihat komoditas yang diperdagangkan karena yang dijual memang keindahan komoditasnya. Namun, tidak semua jenis usaha budi daya memerlukan lokasi yang strategis. Bahkan, ada budi daya perlu tempat yang cukup tenang dan tidak banyak hiruk-pikuk keramaian kendaraan atau kebisingan lain, misalnya ternak itik atau ayam.

  1. Kondisi lokasi

Untuk memulai usaha, lokasi harus disurvei terlebih dahulu. Kecocokan lokasi budi daya dengan komoditas tertentu harus diperhatikan. Budi daya tidak bisa dipaksakan hanya untuk meniru keberhasilan orang lain. Hasil budi daya di lokasi yang berbeda belum tentu sama. Misalnya, lokasi yang memiliki debit air deras lebih cocok untuk budi daya ikan mas dibandingkan dengan budi daya gurami. Jika budi daya gurami tetap akan dilakukan, debit airnya harus diperlambat sehingga membutuhkan biaya tambahan.

  1. Modal

Modal sangat menentukan lokasi yang akan digunakan. Dengan keleluasaan modal, pilihan jenis dan tempat usaha akan lebih luas Namun, jangan lupa perhatikan juga untung ruginya. Sering kali terjadi seorang calon pengusaha membuka usaha begitu saja tanpa memperhitungkan biayanya. Akhirnya, usaha yang dilakukan merugi.

  1. Potensi lingkungan

Potensi lingkungan dapat membuka kesempatan berusaha. Lingkungan tanah yang subur dengan cuaca dingin cocok untuk budi daya kentang.

  1. Kemudahan usaha

Budi daya sebaiknya dipilih yang mudah dilakukan di berbagai lokasi. Sebagai contoh, usaha jamur bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk ibu rumah tangga. Skala usahanya pun tidak harus besar. Skala kecil dengan lokasi budi daya di halaman rumah sudah dapat dilakukan. Bahkan, saat ini budi daya jamur dapat dilakukan di tempat atau kumbung (rumah jamur) atau ruang yang tidak terpakai.

Baca Juga:  Lahan Pertanian Kering Juga Bisa Jadi Produktif

 

Sumber: Buku 79 Bisnis Pertanian Menguntungkan