Tips Menentukan Lokasi Strategis Usaha Peternakan


Pertanianku – Penentuan lokasi usaha sangatlah relatif. Pemilihannya tergantung jenis usaha, potensi lokasi, modal yang tersedia, dan kemampuan melihat peluang. Lokasi yang digunakan untuk usaha sebaiknya dekat dengan pemasaran dan konsumen dapat langsung melihat komoditas yang diperdagangkan. Namun, tidak semua jenis usaha budi daya memerlukan lokasi strategis. Bahkan, ada yang perlu tempat cukup tenang dan tidak banyak hiruk-pikuk keramaian atau kebisingan, misalnya ternak itik/ ayam.

Perhatikan Jumlah Ayam untuk Peremajaan Sesuai dengan Kandang yang Tersedia

Modal bisa sangat menentukan lokasi yang akan digunakan. Dengan modal, pilihan jenis dan tempat usaha akan lebih luas. Namun, jangan lupa perhatikan juga untung-ruginya. Sering kaliterjadi pada seorang calon pengusaha yang membuka usaha begitu saja tanpa memperhitungkan bia yanya. Akhirnya, usaha yang dilakukan merugi.

Lokasi yang ada harus disurvei terlebih dahulu. Kecocokan lokasi dengan komoditas yang akan dibudidayakan harus sesuai dan tidak bisa dipaksakan untuk meniru keberhasilan orang lain. Misalnya, lokasi yang terdapat banyak padang rumput cocok untuk ternak sapi daripada itik.

Pemilihan lokasi juga sebaiknya yang strategis dan bisa dilakukan siapa saja. Sebagai contoh, ternak kroto bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk ibu rumah tangga. Skala usahanya pun dapat dimulai dari lahan terbatas, misalnya halaman rumah yang tidak terpakai.

 

Sumber: Buku 34 Bisnis Peternakan Hasilkan Jutaan Rupiah

 

Baca Juga:  Jalankan Bisnis Kopi Pria Ini Raup Omzet Rp190 Juta
loading...
loading...