Tips Menentukan Pot yang Sesuai untuk Tanaman Anthurium

Pertanianku — Penampilan tanaman anthurium yang indah perlu didukung dengan pemilihan pot yang tepat. Dengan begitu, aura keindahan dari tanaman hias tersebut semakin terpancar keluar. Nah, untuk Anda yang sedang bingung mencari pot anthurium yang sesuai, simak tips berikut ini.

pot anthurium
foto: Pixabay

Pilih ukuran pot yang sesuai

Pot yang digunakan tidak hanya memiliki bentuk dan hiasan yang indah, tetapi harus memiliki ukuran yang sesuai dengan tanaman agar terlihat serasi. Selain itu, ukuran pot yang tepat dapat memengaruhi jumlah media yang dapat ditampung. Akibatnya, nutrisi yang diserap oleh tanaman menjadi lebih banyak.

Pot berukuran kecil atau sempit bisa berdampak pada pergerakan akar yang lebih terbatas sehingga pertumbuhan tanaman akan terhambat.

Sesuaikan bentuk pot

Bentuk pot yang dipilih harus disesuaikan dengan bentuk daun jenis anthurium yang Anda pilih. Misalnya, jenis anthurium dengan bentuk daun memanjang akan lebih cocok dipadukan dengan pot berbentuk panjang seperti gelombang cinta, keris, atau dasi, agar keistimewaan tanaman tersebut semakin terpancar keluar.

Sementara itu, anthurium dengan jenis daun membulat seperti Compacta, Cobra, dan Sawi akan lebih cocok dengan pot berbentuk bulat.

Serasikan warna pot dengan tanaman

Keindahan tanaman anthurium juga terletak pada warna tanaman. Oleh karena itu, Anda harus memilih jenis pot yang sesuai dengan warna tanaman agar keindahan tanaman tidak redup. Pilihlah pot dengan warna yang tidak begitu mencolok agar keindahan tanaman tetap terjaga.

Bahan pembuat pot

Bahan yang digunakan untuk membuat pot juga dapat menambah kesan pada tanaman anthurium Anda. Misalnya, pot keramik yang dapat menambah kesan mewah, tetapi Anda harus berhati-hati karena pot ini mudah pecah dan berat. Sementara itu, pot tanah dapat memberikan kesan gagah dan tangguh. Namun, pot tanah rentan membuat media tanam menjadi lembap, mudah menggumpal, dan memicu serangan jamur.

Baca Juga:  Sederet Manfaat Tandan Kosong Kelapa Sawit

Saat ini banyak tanaman anthurium yang ditanam dengan wadah pot plastik. Meski kesan keindahan dari pot plastik tidak begitu kuat, pot plastik dapat menjaga media tanam agar tetap remah dan bobotnya ringan.