Tips Mengangkut Sapi yang Mudah dan Aman

Pertanianku — Menjelang hari raya kurban banyak peternak sapi yang mulai kebanjiran pesanan, baik dari kota yang sama maupun yang berbeda daerah. Proses mengangkut sapi menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan untuk distribusi sapi ke berbagai daerah. Namun, proses mengangkut sapi sebenarnya tidak bisa dilakukan sembarangan karena dapat memengaruhi kondisi sapi.

mengangkut sapi
foto: pertanianku

Sapi yang diangkut dengan sembarangan dapat menyebabkan sapi lemah dan sakit sehingga saat tiba di daerah tujuan sapi tersebut harus dirawat terlebih dahulu hingga pulih. Selain itu, sapi yang sakit sangat mudah untuk kehilangan berat badan. Berikut ini beberapa tips untuk mengangkut sapi yang aman dan mudah.

Ketahui jarak tempuh

Loading...

Jarak tempuh berhubungan dengan waktu tempuh yang harus dilalui. Perjalanan yang cukup lama dapat menyebabkan kondisi sapi menjadi lemah. Kondisi sapi akan semakin diperburuk dengan kondisi angkutan darat yang sering terjebak macet. Akibatnya, sapi jadi mudah sakit dan membutuhkan penanganan khusus saat tiba di kota tujuan.

Waktu angkut

Waktu untuk mengangkut sapi juga harus dipertimbangkan, jangan mengangkut sapi pada saat matahari masih terik. Pengangkutan bisa dilakukan pada pagi atau malam hari agar sapi tidak mengalami dehidrasi yang dapat membuat sapi stres dan mudah sakit.

Kondisi jalanan

Kondisi jalanan yang rusak, bergelombang, dan berkelok-kelok bisa memperburuk kondisi sapi karena momen bebas sapi bisa berpindah-pindah karena adanya dorongan pada sapi.

Kepadatan di dalam angkutan

Tingkat kepadatan di dalam angkutan harus diperhitungkan karena kondisi pengangkutan yang terlalu padat dapat menyebabkan sapi saling berhimpitan. Kondisi tersebut tentunya membuat sapi menjadi stres.

Penataan sapi

Sapi yang ada di dalam angkutan harus ditata dengan baik agar tidak saling bertabrakan. Penataan tersebut secara tidak langsung dapat memengaruhi keberhasilan proses pengangkutan.

Baca Juga:  Memelihara Kambing yang Sedang Bunting

Sarana yang digunakan

Jangan menggunakan sarana angkutan tertutup karena sapi membutuhkan sirkulasi udara yang baik. Truk bisa digunakan untuk mengangkut 8—10 ekor sapi, sedangkan mobil pick up hanya bisa mengangkut 3—4 ekor sapi.

Dokumen penting

Sebelum jalan, sebaiknya periksa kelengkapan dokumen seperti surat kesehatan hewan, surat jalan, dan surat transaksi jual beli.

Loading...
Loading...