Tips Mengatur Tanaman Mangga


Pertanianku – Dalam berkebun mangga, idealnya diatur pola penanamannya agar terlihat rapi dan indah. Pengaturan tanaman bisa melalui beberapa cara, yaitu cara bujur sangkar, diagonal atau kwinkunks (quincunx), segitiga sama sisi atau heksagonal, dan cara garis tinggi (contour).

Mengatur Tanaman Mangga

  1. Cara bujur sangkar

Pembuatan cara bujur sangkar lebih mudah dibandingkan dengan cara yang lain. Panjang AB = BC = CD = DA. Seandainya jarak tanaman mangga 13 m dan luas ABCD = 169 m3 maka dalam satu hektar dapat ditanam sekitar 59 pohon.

  1. Cara diagonal atau kwinkunks

Panjang AB = BC = CD = AD, dan titik E terletak di titik potong diagonal. Cara ini sebenarnya sama dengan cara bujur sangkar, hanya saja pada titik potong diagonal diberi tanaman yang berumur pendek yang kemudian hari akan dibongkar. Apabila jarak tanam 13 m, jumlah tanaman dalam satu hektar sama dengan jumlah tanaman dengan cara bujur sangkar yaitu sekitar 59 pohon. Apabila tanaman di titik potong diagonal tidak dibongkar maka jumlahnya ada 118 pohon.

  1. Cara segitiga sama sisi atau hexagonal

Apabila jarak tanam 13 m, jarak sisi AB = BC = CA = 13 m. Dengan demikian, segitiga ABC adalah segitiga sama sisi dan bentuk sisi DEFGHIadalah heksagonal (segi enam sama sisi) maka jarak antartanam adalah kurang lebih11,25 m (0,886 x 13). Dengan cara segitiga sama sisi dapat ditanam 59 pohon. Jadi dengan jarak yang sama, penanaman mangga dapat ditambah lebih banyak pohon daripada dengan cara bujursangkar.

  1. Cara garis tinggi (kontur)

Cara garis tinggi ini dikerjakan bila tanah untuk perkebunan manggaterletak di tanah yang miring. Dalam bertanam, sebaiknya tanah dibuat teras-teras terlebih dahulu. Hal ini berhubung tanahnya miring sehingga sulit untuk dibuat cara bujur sangkar atau segitiga sama sisi. Jarak dalam garis tinggi yang sama dapat ditentukan, misalnya 13 m. Jarak dari teras yang satu ke teras yang lainnya mungkin sulit disamakan. Untuk itu, dalam hal ini perlu disesuaikan dengan keadaan.

Baca Juga:  Memilih Pisang Jangan Sembarangan, Begini Caranya

 

Sumber: Buku Bertanam Mangga di Kebun dan Pot

loading...
loading...