Tips Mengeringkan Sayuran Berdasarkan Jenis Sayur

PertaniankuMengeringkan sayuran menjadi salah satu cara untuk mempertahankan kualitas sayuran yang tidak bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama karena mudah membusuk. Pada dasarnya mengeringkan sayuran adalah proses menghilangkan sebagian besar kandungan air dalam sayuran, agar jasad renik yang tinggal dalam tubuh sayur tidak bisa beraktivitas sehingga sayur tidak busuk.

mengeringkan sayuran
foto: pixabay

Proses pengeringan sayuran harus dilakukan sesuai dengan jenis sayuran yang digunakan. Pasalnya, setiap jenis sayuran memiliki kriteria yang berbeda-beda sehingga Anda perlu mengetahui karakter setiap jenis sayuran.

Asparagus

Loading...

Bagian asparagus yang bisa dikeringkan adalah bagian pucuk yang sudah empuk. Bagian tersebut dicuci, diblansir (dikukus selama 4—5 menit atau dimasukkan ke air panas selama 3—4 menit), dan dimasukkan ke air es. Setelah itu, asparagus siap masuk ke tahap pengeringan. Asparagus yang sudah kering ditandai dengan berbentuk seperti kulit dan mudah patah.

Bayam dan sayuran hijau lainnya

Bagian yang dikeringkan hanya daun muda. Sebelum dikeringkan, daun dicuci, diblansir (dikukus selama 1—2 menit atau dimasukkan ke air panas 1—2 menit). Setelah itu, sayuran sudah bisa dikeringkan. Sayur yang sudah kering ditandai dengan daunnya yang mudah patah.

Bawang

Pilihlah bawang yang beraroma kuat, lalu cuci dan buang kulit bagian luar, dan iris tipis. Setelah itu, bawang sudah siap masuk ke proses pengeringan. Bawang yang sudah kering ditandai dengan irisan bawang yang mudah patah.

Buncis dan kacang panjang

Pilihlah buncis atau kacang panjang yang masih muda, empuk, dan lurus. Buncis atau kacang panjang harus dicuci terlebih dahulu, dipotong, diblansir (dikukus selama 3—4 menit atau dimasukkan ke air panas selama 3 menit), dimasukkan ke air es. Setelah itu, buncis sudah bisa dikeringkan.

Baca Juga:  Resep Rempeyek, Camilan untuk Hari Raya

Berbagai jenis cabai

Cabai yang bisa dikeringkan adalah cabai tua dan sudah masak. Sebelum dikeringkan, cabai dicuci, dibuang tangkai dan bijinya, lalu dipotong kotak-kotak. Cabai tidak perlu diblansir sebelum dikeringkan.

Jagung

Pilihlah jagung yang masih muda dan empuk. Sebelum dikeringkan, bulir jagung dibuang kulit luarnya dan diblansir bersama beberapa lembar kulitnya dengan dikukus selama 5—6 menit atau dimasukkan ke air panas selama 4—5 menit, lalu dimasukkan ke es dan dibuang kulitnya.

Loading...
Loading...