Tips Menghasilkan Benih Tanaman Hutan Berkualitas Sendiri

    Pertanianku — Biasanya benih tanaman hutan didapatkan dari penjual benih yang sudah tersertifikasi ataupun yang belum. Namun, jika Anda ingin mendapatkan benih yang berkualitas, bisa didapatkan dengan cara mengunduh benih tanaman hutan berkualitas sendiri dari pohon induk yang sudah terlihat unggul.

    benih tanaman hutan berkualitas
    foto: pertanianku

    Dengan mengunduh sendiri benih tanaman hutan dari pohon yang sudah terlihat kualitasnya, dapat menghasilkan pohon yang baik ketimbang Anda menggunakan benih asal-asalan.

    Pilihlah pohon induk yang berkualitas

    Loading...

    Pohon berkualitas akan menghasilkan benih tanaman hutan berkualitas. Anda harus mengetahui bagaimana pohon berkualitas baik. Pohon induk yang berkualitas umumnya tidak terkontaminasi oleh pohon lain di dekatnya yang memiliki kualitas lebih rendah.

    Untuk menentukan kualitas pohon induk dapat dilakukan dengan melakukan penilaian secara fisik seperti penampilan dan pertumbuhan pohon. Pohon secara alami akan tumbuh dengan kriteria masing-masing dan bervariasi antara satu jenis dan jenis lain.

    Perhatikan kriteria utama pohon induk berkualitas

    Idealnya, pohon penghasil kayu memiliki kriteria-kriteria berikut. Diameter batang dan tinggi pohon di atas rata-rata, batang lurus, batang bebas cabangnya tinggi, tajuknya tumbuh sehat dan seimbang, serta bebas dari gangguan hama dan penyakit. Selain itu, kualitas kayu terlihat bagus, memiliki daya tahan terhadap serangan hama dan penyakit, serta sudah dewasa dan mampu menghasilkan benih.

    Perhatikan kriteria lain yang juga memengaruhi pertumbuhan

    Selain kriteria utama, pohon kayu juga memiliki kriteria yang kurang diperhatikan, padahal berkaitan dengan kualitas produk. Kriteria tersebut antara lain produktivitasnya dalam menghasilkan minyak esensial yang terkandung di dalam benih, kulit batang, atau daun untuk jenis pohon penghasil bahan obat dan produksi.

    Kumpulkan benih dari 10 pohon

    Untuk menghasilkan benih berkualitas genetik yang baik, kumpulkan benih minimal dari 10 pohon induk yang terpilih untuk skala kecil. Biasanya, untuk skala besar, benih akan dikumpulkan dari 20—25 pohon. Jangan gunakan benih yang berasal dari satu pohon.

    Baca Juga:  Suryono, dari Karyawan Jadi Juragan Sapi Potong

    Hindari benih yang berasal dari pohon yang tumbuh sendirian

    Meskipun pohon tersebut mampu menghasilkan benih dalam jumlah banyak, kemungkinan besar benih yang dihasilkan dari perkawinan sendiri dan menghasilkan benih hampa. Kualitas benih hampa sangat rendah, persen, serta kecepatan perkecambahannya rendah dan bibit tumbuh lama.

    Pilihlah pohon induk yang umurnya tepat

    Sebaiknya, benih diambil dari pohon yang sudah dewasa, tetapi jangan terlalu tua. Ambil benih dari semua tajuk untuk memperluas variasi genetik.

    Loading...
    Loading...