Tips Menghilangkan Bau pada Daging Kambing Saat Dimasak


Pertanianku – Daging kambing merupakan salah satu hidangan yang tak pernah terlupakan saat Idul Adha tiba. Sayangnya, mengolah daging kambing tidaklah semudah mengolah jenis daging lainnya. Daging kambing memiliki ciri khas bau menyengat yang sering disebut juga dengan bau prengus yang seringkali mengganggu kenikmatan orang yang menyantap daging kambing.

Tips Menghilangkan Bau pada Daging Kambing Saat Dimasak

Bau prengus pada daging kambing ini sebenarnya bisa dihilangkan bila cara mengolahnya benar. Cara mengolah daging kambing yang tidak benar akan membuat aromanya menjadi tidak sedap. Pasalnya, tekstur daging kambing sangat berbeda dengan sapi. Dagingnya lebih kasar dan sedikit keras.

Salah satu tips menghilangkan bau pada daging kambing adalah dengan menggunakan rempah-rempah yang kuat saat mengolah atau memasaknya. Penggunaan rempah sekelas cengkih, serai, daun jeruk purut, hingga kapulaga bisa dicoba untuk menghilangkan aroma prengus.

Air dari nanas muda yang masih hijau bisa digunakan untuk membuat daging kambing cepat empuk dan hilang bau prengusnya seketika. Caranya sangat mudah, yaitu blender nanas muda hingga mengeluarkan air, kemudian rendam daging kambing dengan air nanas tersebut. Diamkan selama tiga sampai empat menit, kemudian tiriskan. Bau amis atau prengus daging kambing akan hilang dan daging siap diolah.

Baca Juga:  Yuk, Ketahui 5 Tanda Utama Itik akan Bertelur