Tips Menghilangkan Bau Tanah pada Lele Saat Dikonsumsi

Pertanianku – Lele adalah ikan yang banyak digemari karena rasanya yang gurih dan lembut. Lele juga mudah diolah menjadi berbagai macam masakan yang lezat. Memasak lele rupanya gampang-gampang susah. Anda harus paham betul beberapa trik penting agar lele lezat dikonsumsi dan tak berbau tanah.

Tips Menghilangkan Bau Tanah pada Lele Saat Dikonsumsi

Salah satu masalah yang memang sering dialami saat memasak lele adalah aroma tanah. Lele berbau tanah karena habitatnya ada di air tawar yang penuh lumpur. Tak jarang air dan kotoran yang masuk dalam tubuh lele menempel pada insang dan ada pula yang tertelan. Bau tanah ini akan membuat cita rasa lele berkurang. Berikut tips mengatasi bau tanah pada lele.


Loading...
  • Bersihkan lele dengan maksimal. Hilangkan jeroan dan bersihkan perut lele sebelum dibumbui sebersih mungkin. Jeroan lele inilah yang menjadi penyebab bau tanah pada ikan.
  • Masak lele dengan menyayatnya. Anda juga harus menyayat dengan teknik yang benar. Sayat lele dari bagian belakang kepala sampai belakang ekornya mengikuti alur garis tulang. Menyayat tak hanya akan menghilangkan bau tanah, tetapi juga akan membantu bumbu meresap lebih cepat dan ikan lebih kering saat digoreng.
  • Rendam lele dengan bumbu rempah-rempah. Merendam lele minimal 30 menit dengan bumbu rempah-rempah akan menghilangkan bau tanah pada lele.
Baca Juga:  Racik Sendiri Pakan Lele Alternatif
Loading...
Loading...