Tips Menghilangkan Bekas Getah Pisang pada Baju

Pertanianku Menghilangkan bekas getah pisang pada baju cukup sulit dilakukan. Namun, bukan berarti noda tersebut akan membekas selamanya di baju Anda. Berikut ini cara-cara menghilangkan getah pisang, baik pada baju putih maupun baju berwarna.

Menghilangkan bekas getah
Foto: pixabay

Cuka dan garam

Jika Anda baru saja terkena getah pisang di baju yang Anda kenakan, cara ini bisa digunakan. Penggunaan cuka dan garam tidak akan maksimal bila noda bekas getah pisang sudah mengering lama.

Loading...

Cara penggunaannya adalah dengan menuangkan cuka dan garam secukupnya pada baju yang terkena noda. Kucek dan gosok dengan menggunakan sikat gigi bekas. Lakukan hal tersebut sampai bekas nodanya benar-benar hilang.

Untuk memastikan noda getah sudah hilang, bilas dengan air bersih dan lanjutkan dengan mencuci menggunakan deterjen antinoda. Gunakan deterjen cair agar lebih cepat menyerap hingga bagian dalam serat pakaian.

Jeruk nipis

Selain cuka dan garam, jeruk nipis juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas getah pisang pada baju. Jeruk nipis juga secara alami digunakan untuk membersihkan noda-noda, misalnya noda minyak.

Cara penggunaannya adalah dengan menyiapkan jeruk nipis terlebih dahulu. Belah jeruk menjadi dua bagian. Peras dan teteskan air jeruk nipis tersebut di atas baju yang terkena noda. Gosok perlahan dengan menggunakan sikat gigi bekas atau kucek dengan tangan. Jika bekas noda sudah memudar, bilas dengan air bersih dan cuci dengan deterjen cair.

Sabun cuci tangan

Cara ini bisa Anda gunakan apabila pakaian yang terkena getah pisang berwarna putih. Sebaiknya, segera bersihkan ketika getah masih basah dan mengenai baju belum terlalu lama. Jika ditunggu hingga kering, getah akan masuk ke serat-serat kain dan membuat noda ini semakin sulit dibersihkan.

Oleskan sabun pencuci tangan pada bagian baju yang terkena noda getah pisang. Usahakan menggunakan sabun pencuci tangan yang tidak berwarna. Gosok noda dengan menggunakan sikat gigi bekas hingga nodanya hilang atau berkurang. Setelah itu, baju dibilas dengan air bersih.

Bila noda belum hilang, Anda bisa melanjutkan menggunakan jeruk nipis agar hasilnya lebih maksimal. Belah jeruk nipis dan teteskan air perasannya pada baju yang terkena getah. Gosok kembali secara perlahan-lahan dengan sikat gigi bekas. Bilas dengan air hangat. Lanjutkan mencuci baju dengan menggunakan deterjen antinoda.

Loading...
Loading...