Tips Menghilangkan Ulat pada Sayuran yang Anda Petik

    Pertanianku — Bertanam sayuran di pekaragan memberikan manfaat tersendiri. Salah satunya adalah kemudahan dalam mendapatkan bahan baku masakan. Anda dapat memetik sendiri sayuran yang dibutuhkan langsung dari kebun atau pekarangan. Namun terkadang, tidak semua sayuran yang dipetik dalam keadaan baik. Berikut ini tips menghilangkan ulat pada sayuran yang Anda petik.

    menghilangkan ulat
    Foto: pixabay

    Sebelum memetik, sebaiknya Anda memerhatikan lagi bentuk dan ukuran sayuran serta kondisi tanaman sayur tersebut. Bila ada banyak lubang atau bahkan Anda sudah menemukan tanaman sayuran tersebut terkontaminasi, sebaiknya urungkan untuk memetiknya.

    Pilih tanaman yang masih sehat dan tidak memiliki bagian tubuh yang berlubang atau bekas digerogoti oleh ulat. Namun sering kali, hal ini memakan waktu. Oleh karena itu, berikut ini ada tips menghilangkan ulat pada sayur yang patut Anda ketahui.

    Loading...

    Tips pertama adalah cuci dengan air bersih dan mengalir. Penggunaan air mengalir dapat membantu Anda menemukan ulat dan hama lainnya agar terbuang dengan mudah. Mencuci dengan air mengalir akan memudahkan sayuran terbebas dari ulat yang menempel.

    Tips berikutnya adalah dengan menggunakan cuka. Rendam sayuran dalam air cuka untuk mengeluarkan ulat yang tertahan di sela-sela sayuran ini. Cuka juga ampuh menghilangkan zat kimia seperti pestisida yang ada pada sayuran.

    Sayangnya, perendaman dengan cuka ini menghasilkan aroma yang kurang sedap. Gunakan cuka sedikit saja, yakni 2 sendok makan untuk mengurangi aroma yang dihasilkan. Rendam sayuran dalam campuran air dan cuka selama beberapa menit saja.

    Tips lain yang bisa Anda coba adalah merendam dengan air garam. Campuran air dan garam dapat membersihkan sayuran dari ulat dan hama lainnya, termasuk kotoran yang menempel. Garam juga lebih dipilih karena lebih mudah ditemukan dan pasti ada di dapur sebagai bumbu masakan paling esensial.

    Baca Juga:  Kenali Model-model Akuaponik

    Cara terakhir adalah dengan menggunakan baking soda untuk menghilangkan ulat pada sayuran. Baking soda dapat menghilangkan residu, selain membasmi ulat dan hama ini. Gunakan baking soda sebanyak 2 sendok makan saja dan rendam sayuran selama 15 menit.

    Jangan lupa untuk membersihkan kembali sayuran yang sudah direndam dalam air cuka, air garam, ataupun campuran air dan baking soda. Hal ini untuk mengurangi rasa ataupun aroma yang mungkin ditimbulkan dari ketiga bahan ini saat perendaman.

    Loading...
    Loading...