Tips Mengiris Bawang Tanpa Mengeluarkan Air Mata


Pertanianku – Tak bisa dipungkiri aroma dan citarasa bawang memang membuat masakan menjadi nikmat. Namun, mengiris dan memotong bawang seringkali membuat mata kita pedih. Akibatnya, kita mengindari pekerjaan ini karena tidak dapat menahan perihnya uap bawang saat dipotong.

Tips Mengiris Bawang Tanpa Mengeluarkan Air Mata
vemale

Lalu, kenapa bawang merah bisa membuat mata perih dan mengeluarkan air mata? Menurut penelitian bahwa memotong bawang dapat memicu keluarnya uap yang mengandung enzim yang disebut lachrymatory-factor synthasedan, senyawa belerang.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi. Mengatasi mata pedih saat mengiris bawang dapat dilakukan dengan tips berikut ini.

1.      Gunakan pisau yang sangat tajam saat memotong bawang

Enzim yang terkandung dalam bawang dilepaskan saat sel mengalami kerusakan atau hancur. Menggunakan pisau yang tajam akan memotong bawang menjadi lebih cepat, sehingga tidak perlu berlama-lama menghirup uap yang mengandung enzim tersebut. Hal ini juga mencegah mata perih lebih lama.

2.      Dinginkan bawang di dalam frezeer selama 10–15 menit sebelum memotongnya

Dengan mendinginkan bawang merah dalam freezer sekitar 10–15 menit, bawang tak akan membuat mata pedih lagi saat diiris. Cara ini juga akan mengurangi jumlah enzim asam yang dilepaskan ke udara. Caranya, masukkan bawang ke dalam lemari, tapi jangan terlalu lama karena bawang merah bisa menyebabkan bau tak sedap jika dibiarkan di dalam lemari es terlalu lama.

3.      Rendam bawang dalam air

Kupas dan rendam bawang dalam air sekitar satu jam sebelum diiris. Hal ini bertujuan untuk meringankan rasa pedih di mata. Namun, cara ini akan menghilangkan sebagian rasa bawang, dan bawang menjadi lebih licin jika akan mengirisnya. Dengan begitu bawang agak sulit untuk diiris, belum lagi butuh waktu lama sebelum mulai memasak.

5.      Potong bagian akar di akhir proses

Karena daging bawang merah berbentuk seperti tabung, memotongnya secara melintang akan mencegah mata terasa pedih. Caranya mudah, sisakan bagian bawah bawang yang ada akarnya selama mengirisnya. Cara ini cukup berhasil membuat air mata tidak perlu keluar. Memotong dengan cara ini juga dinilai cukup praktis dan cepat.

6.      Mengiris bawang di rendaman air

Cara ini sebenanarnya cukup efektif, tetapi agak sulit dilakukan. Air bisa melarutkan senyawa belerang yang terkandung dalam bawang sebelum akhirnya membuatnya mengeluarkan air mata. Meski bisa mencegah perih di mata, cara ini bisa membuat jari kaku saat harus bersentuhan dengan air saat mengiris bawang.

7.      Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet bisa menjadi cara mudah agar tidak menangis saat mengupas dan memotong bawang merah. Dengan mengunyah permen karet, otot wajah dan mata akan bergerak dengan baik. Saat otot wajah bergerak, hal ini akan mencegah mata pedih.

8.      Sebelum mengiris bawang, semprotkan talenan dengan air cuka

Buat campuran air dan cuka dengan perbandingan 1:1 kemudian masukkan ke botol semprotan, lalu kocok hingga air dan cuka bercampur. Semprotkan campuran air dan cuka ke permukaan talenan, sebelum mengiris bawang. Campur air dan cuka tersebut dapat mengikat senyawa sulfur. Namun, saat menyemportkan cuka jangan terlalu banyak karena cuka bisa memengaruhi rasa bawang.

9.      Usap permukaan pisau dengan garam sebelum memotong bawang

Ternyata garam bisa membantu menetralisir efek dari uap yang keluar dari bawang saat diiris. Caranya keringkan pisau dan balurkan garam ke permukaan pisau. Hasilnya, bawang menjadi sedikit lebih basah, air mata pun tidak akan banyak keluar dan tentunya bisa menahan mata dari rasa pedih.

loading...
loading...