Tips Mengolah Ikan Kakap, Lebih Nikmat dan Sedap

Pertanianku — Ikan kakap adalah salah satu ikan laut yang paling banyak dikonsumsi. Rasanya yang gurih dan sedap membuat ikan ini menjadi kegemaran banyak orang. Meskipun sudah enak, ada beberapa cara lain yang bisa memaksimalkan rasa ikan kakap menjadi lebih istimewa. Berikut tips mengolah ikan kakap supaya hasilnya lebih gurih.

tips mengolah ikan kakap
Foto: pixabay

Tips pertama dalam mengolah ikan kakap adalah pilih ikan yang masih segar. Ikan segar ditandai dengan matanya yang masih jernih. Sementara, ikan yang sudah tidak segar, pada bagian matanya mulai buram.

Selain bagian mata, pastikan ikan yang Anda pilih masih segar dengan menekan bagian daging ikan. Ikan yang masih segar memiliki tekstur yang kenyal. Ikan yang sudah tidak segar akan lebih lembek dan sudah tidak keras lagi.

Loading...

Tidak hanya dijual dalam bentuk ikan utuh, ikan kakap juga banyak dipasarkan sudah di-fillet. Ikan kakap fillet ini diminati karena lebih praktis dan mudah diolah karena sudah dipisahkan dari duri, kepala, ekor, dan jeroannya.

Tips memilih ikan kakap fillet agar mudah diolah adalah pilih ikan yang masih menempel pada kulitnya. Ikan kakap ada pula yang dijual sudah di-fillet sekaligus dihilangkan kulitnya. Sayangnya, ikan ini akan lebih mudah hancur saat dimasak.

Berikutnya, perhatikan air yang Anda gunakan dalam mencuci ikan kakap. Gunakan air dingin atau air dengan suhu ruang. Hindari membersihkan ikan dengan menggunakan air panas. Pencucian dengan air panas akan mengakibatkan ikan matang sebelum waktunya. Jadi, cita rasanya pun akan berkurang.

Ikan kakap merupakan jenis ikan laut. Tak heran bila ikan ini memiliki aroma amis yang lebih pekat ketimbang ikan olahan lainnya. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bau amis ini.

Baca Juga:  Cabai Kering, Alternatif Saat Harga Cabai Turun

Salah satu cara menghilangkan bau amis pada ikan ini adalah menggunakan susu. Rendam ikan dalam susu selama kurang lebih 20 menit. Jangan merendam terlalu lama karena dapat membuat ikan menjadi sangat lembek.

Cara lain yang lebih umum digunakan adalah dengan melumuri ikan kakap dengan jus lemon atau cuka. Namun, pelumuran ini juga sebaiknya jangan dilakukan terlalu lama karena daging ikan akan menjadi sangat lembek.

Selanjutnya, Anda dapat mengolah ikan ini sesuai selera. Bila ingin membuat ikan panggang, Anda dapat melakukannya dengan mencampurkan ikan bersama bumbu. Beri margarin sebelum dipanggang dalam oven agar ikan tetap lembap.

Ikan kakap fillet biasanya diolah dengan cara digoreng atau dipanggang dalam oven. Memanggang ikan fillet bisa Anda lakukan dengan memberi bumbu dan memberi tambahan saus. Jika ingin mengolahnya menjadi ikan goreng, bumbui ikan sebelum dimasak dalam minyak panas.

Loading...
Loading...