Tips Mengolah Ikan Salmon bagi Pemula

Pertanianku — Ikan salmon masih cukup jarang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Meskipun kandungan nutrisinya sangat baik bagi tubuh, ikan salmon masih sulit didapatkan dan harganya pun tidak seterjangkau ikan kebanyakan. Bila Anda masih pemula dalam mengolah ikan salmon, sebaiknya perhatikan langkah-langkah berikut.

mengolah ikan salmon
Foto: freepik

Kandungan gizi utama dalam ikan salmon adalah protein. Selain itu, ikan salmon juga mengandung omega-3 yang sangat baik bagi perkembangan otak. Kandungan omega-3 ini lebih banyak daripada jenis ikan lainnya.

Saat Anda hendak membeli ikan salmon, Anda harus memerhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Ikan salmon ada yang dijual dalam bentuk segar. Namun, ikan ini lebih sering dijumpai dalam bentuk ikan beku karena distribusinya yang cukup jauh.

Loading...

Kualitas ikan salmon dapat terlihat dari adanya guratan lemak pada daging ikan salmon. Semakin banyak lemak ini, rasa daging salmon akan semakin gurih dan teksturnya akan semakin lembut ketika diolah menjadi masakan.

Salmon yang sudah dibeli dan akan diolah, sebaiknya dilakukan thawing terlebih dahulu. Biarkan salmon beku mencair dengan sendirinya. Jika es pada salmon beku dipaksa mencair, tekstur dan rasa salmon ini akan terpengaruh.

Namun, bila Anda tidak akan langsung mengolah ikan salmon tersebut, sebaiknya segera simpan dengan cara yang tepat. Cuci ikan salmon dengan air mengalir. Keringkan dengan tisu makan agar daging ikan kering, tetapi tidak ada tisu yang menempel.

Sebelum disimpan, salmon terlebih dahulu dibalut dengan plastic wrap atau aluminium foil. Pembungkusan ini bertujuan menjaga kesegaran ikan salmon. Barulah ikan salmon disimpan dalam freezer dan tahan hingga dua hari.

Ikan salmon yang akan dimasak sebaiknya dibersihkan dulu dari duri. Duri ikan salmon tersembunyi dalam daging. Tekan-tekan dan rasakan duri ini, kemudian cabut dengan menggunakan pinset agar lebih mudah.

Baca Juga:  Cara Panen Benih Ikan Lele yang Benar

Gunakan garam untuk menonjolkan rasa gurih pada ikan salmon. Namun, penggunaan garam ini sebaiknya dilakukan hanya dalam waktu singkat. Garam dapat mengurangi kelembapan ikan salmon sehingga ikan akan kering dan sari dagingnya berkurang.

Terakhir, saat mengolah ikan salmon dengan cara dipanggang, lakukan dengan cara tidak membolak-balikkan ikan salmon terlalu sering. Saat sudah berada di atas pemanggang, masak ikan salmon hingga matang di satu sisi. Kemudian, balik sekali dan pastikan sisi berikutnya ikut masak atau matang merata.

 

Loading...
Loading...