Tips Mengombinasikan Bahan Pakan Ayam

PertaniankuPakan ayam yang diberikan harus memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan ayam. Namun, hanya menggunakan satu bahan tidak cukup. Pasalnya, bahan pakan ayam hanya mengandung beberapa nutrisi tertentu sehingga untuk memenuhi sebagian nutrisi lainnya dibutuhkan kombinasi bahan pakan ayam lainnya.

pakan ayam
foto: prertanianku

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat ingin mengombinasikan bahan-bahan pakan sehingga pakan lebih efisien. Berikut ini tips mengombinasikan pakan dalam ransum.

Perhatikan kebutuhan nutrisi jenis ayam

Kombinasi bahan pakan ayam pun harus melihat dari kebutuhan nutrisi ayam yang diternakkan. Setiap jenis ayam memiliki kebutuhan nutrisi pakan yang berbeda-beda. Seperti ayam kampung yang membutuhkan energi lebih banyak sehingga 80 persen dari total formula ransum pada bahan pakan yang diberikan merupakan sumber energi.

Dalam 80 persen energi tersebut juga harus mengandung protein dan cukup asam amino yang bisa didapatkan dari bungkil kacang-kacangan dan bungkil kelapa.

Perhatikan sumber pakan tersebut

Bahan pakan yang diambil dari tumbuhan biasanya memiliki kandungan protein serta asam amino esensial yang lebih rendah dibanding bahan pakan yang didapatkan dari hewan. Saat Anda sudah mengetahui kandungan bahan pakan, Anda akan tahu pakan ransum tersebut harus ditambah dengan bahan lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya atau tidak perlu. ‘

Misalnya, ransum pakan ayam lebih cenderung menggunakan bungkil kacang atau bungkil kelapa sebagai sumber energi. Untuk memenuhi kebutuhan proteinnya, pakan tersebut perlu ditambah dengan bahan yang bersumber dari hewan, seperti tepung ikan.

Umumnya kombinasi pakan ayam kampung terdiri atas tumbuhan yang merupakan sumber energi dan hewan yang merupakan sumber protein. Kombinasi tersebut pun sudah menyediakan kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan.

Baca Juga:  Trik Menghindari Risiko Kematian DOC Ayam Petelur pada Periode Kritis

Kelebihan kombinasi bahan pakan

Mengombinasikan pakan ternak memiliki banyak kegunaan, yakni membuat peternak memiliki banyak pilihan. Misalnya, menggunakan jagung kuning, ubi kayu terolah, bungkil kelapa, dan beberapa bahan lain menjadi sumber energi.

Banyaknya pilihan bahan membuat peternak tidak ketergantungan dengan satu bahan saja. Dengan begitu, saat barang tersebut langka, para peternak memiliki banyak pilihan lain yang bisa digunakan.

Perhatikan harga bahan

Terkadang bahan pakan mengalami naik dan turun, dan Anda harus bisa menyesuaikannya agar tidak melebihi anggaran yang telah ditentukan. Oleh karena itu, salah satu kelebihan mengombinasikan bahan pakan adalah dapat mengganti bahan jika bahan utama sedang mengalami kenaikan.

 


loading...