Tips Mengupas Mentimun Tanpa Meninggalkan Rasa Pahit


Pertanianku – Pernahkah Anda mendapati mentimun yang Anda kupas terasa pahit dan membuat rasa masakan berantakan? Ini biasanya terjadi jika Anda salah teknik mengupas dan memotong mentimun.

Tips Mengupas Mentimun Tanpa Meninggalkan Rasa Pahit

Rasa pahit biasanya berkumpul pada ujung batang mentimun. Rasa pahit dapat terjadi karena suhu, pemupukan, jarak tanam, ataupun irigasi. Rasa pahit juga biasanya didapat pada kulit mentimun dan bawah kulit yang berwarna hijau muda. Rasa pahit hampir tidak pernah ada dalam daging bagian dalam pada mentimun.

Berikut cara mengupas mentimun agar daging buahnya tidak ikut pahit.

  • Kupas mentimun dengan pisau tajam pada ujung mentimun yang menjadi tempat pertumbuhan bunga. Iris kulit mentimun hingga mendekati akhir batang dan berhenti mengupas ketika tinggal satu inci dari batang. Kupas lebih tebal pada bagian dekat ujung batang mentimun di mana sebagian besar rasa pahit terkonsentrasi.
  • Bilas pisau di bawah air dingin untuk menghilangkan sari pahit. Kupas lagi mentimun, dimulai pada ujung pertumbuhan bunga ke ujung batang, lakukan hingga semua kupasan tuntas. Bilas pisau setiap kali Anda mengupas setiap bagian mentimun.
  • Potong mentimun menjadi dua bagian. Sendoki untuk mengeluarkan bijinya. Mentimun yang sudah tua sering memiliki biji pahit yang dapat mempengaruhi rasa mentimun.

Potong-potong mentimun menjadi irisan kecil atau kotak sesuai selera dan kebutuhan Anda.

Baca Juga:  Cara Praktis Menanam Terong di Polibag