Tips Mengupas Telur Puyuh, Begini Caranya

Pertanianku — Telur puyuh rebus sering diolah menjadi berbagai jenis makanan. Mulai dari sambal goreng, pelengkap opor, masakan tahu sarang burung, sampai olahan makanan lain. Sayangnya, cara mengupas telur puyuh yang salah bisa mengakibatkan bentuknya menjadi tidak rata dan penampilannya kurang menarik.

cara mengupas telur puyuh
Foto: pixabay

Rasa telur puyuh yang lezat membuat banyak penikmat menyukai tambahan telur puyuh dalam masakan. Penambahan telur puyuh pun biasa dilakukan dengan cara merebus telur terlebih dahulu hingga matang. Telur kemudian dipisahkan dari cangkangnya dengan berbagai cara.

Jika ingin mengupas telur puyuh dengan mudah, Anda harus mengaduk air rebusan saat telur puyuh direbus. Tujuannya adalah agar bagian kulit telur tetap berada di tengah. Dengan begitu, saat pengupasan tidak ada bagian yang lebih tipis dan sulit dikupas.


Loading...

Siapkan air dingin dengan campuran air es. Ketika telur sudah matang, tiriskan telur puyuh dan ketuk perlahan di salah satu sisinya. Telur puyuh kemudian dimasukkan ke wadah berisi air dingin. Cara ini bisa membuat telur menjadi lebih mudah saat dikupas.

Sebelum mengupas, memarkan bagian-bagian kulit telur terlebih dahulu. Caranya dengan mengetuk telur ke benda yang cukup keras selama beberapa kali. Putar telur hingga seluruh bagiannya retak.

Kupas perlahan telur puyuh. Agar lebih mudah, Anda bisa memulainya dari bagian ujung telur yang lebih lebar. Pelepasan kulit telur dari bagian ini akan lebih mudah karena memiliki kantong udara yang lebih lebar ketimbang bagian telur lainnya. Kupas telur di dalam air supaya lebih mudah saat melakukannya.

Pastikan tidak ada bagian yang bopeng atau tidak mengelupas dengan cara sempurna. Dibandingkan dengan cara lain, cara ini termasuk yang paling mudah, bukan? Anda bisa melakukannya dengan cepat karena telur pun lebih mudah dikupas.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih telur puyuh yang masih baru. Telur yang masih baru akan lebih mudah dikupas. Salah satu caranya adalah dengan merendam telur ke dalam air. Telur yang masih baru akan cenderung terendam dalam air karena belum memiliki kantong udara terlalu besar.

Berbeda dengan telur yang sudah cukup lama disimpan. Pori-pori pada kulit memungkinkan adanya udara yang masuk ke kulit telur sehingga telur puyuh pun cenderung memiliki masa jenis yang lebih ringan.

Loading...
Loading...