Tips Mengurangi Rasa Pahit Daun Pepaya

Pertanianku — Olahan daun pepaya terkenal memiliki cita rasa pahit yang kurang disukai. Padahal, kandungan gizi dalam daun ini baik bagi tubuh. Berikut ini cara untuk mengurangi rasa pahit daun pepaya yang bisa dicoba sebelum mengolah daun pepaya menjadi masakan.

mengurangi rasa pahit daun pepaya
Foto: pixabay

Tambahkan garam kasar

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa pahit pada daun pepaya adalah mengolahnya terlebih dahulu dengan garam kasar. Garam kasar ini memiliki tekstur kasar, berbeda dengan garam meja dan garam dapur kebanyakan.

Loading...

Rebus daun pepaya bersama air dengan api sedang. Ketika air hendak mendidih, masukkan garam kasar ke air yang digunakan untuk merebus daun pepaya tersebut. Rebus hingga daun pepaya sudah mencapai tekstur yang diinginkan. Sebelum dimasak, tiriskan daun pepaya terlebih dahulu.

Anda tidak perlu khawatir, penambahan garam kasar tidak akan membuat daun pepaya menjadi asin.

Rebus dengan tanah liat

Terbilang unik, cara ini rupaya sudah dipakai oleh nenek moyang kita dan diwariskan secara turun-temurun. Tanah liat mampu mengurangi rasa pahit pada daun pepaya. Namun, memasak menggunakan tanah ini memerlukan teknik khusus.

Pertama, Anda harus merebus tanah liat atau tanah lempung terlebih dahulu. Jika air rebusan sudah mendidih, masukkan daun pepaya. Rebus keduanya selama kurang lebih tiga menit. Setelah itu, angkat dan tiriskan daun pepaya.

Rebus kembali daun pepaya dalam air bersih tanpa penambahan tanah liat. Lakukan perebusan kedua ini selama kurang lebih satu menit. Angkat kembali jika daun sudah mencapai tekstur yang diinginkan. Daun pepaya pun siap diolah lebih lanjut.

Manfaatkan baking powder

Perebusan berkali-kali juga bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa pahit. Ganti air rebusan dengan air baru dan rebus ulang daun pepaya. Namun, cara ini akan menghilangkan warna hijau pada daun pepaya sehingga daun tidak tampak segar.

Baca Juga:  Banyak Diminati, Ekspor Benih Kangkung Terus Meningkat

Anda bisa memanfaatkan baking powder untuk mengatasi hal ini. Tambahkan baking powder ke dalam air rebusan ketika merebus daun pepaya selama berkali-kali. Niscaya, daun yang direbus pun tidak akan menjadi kusam.

Loading...
Loading...