Tips Meningkatkan Bobot Sapi dengan Cepat

Pertanianku — Sebelum memulai usaha peternakan sapi, Anda perlu mengetahui bagaimana cara meningkatkan bobot sapi dengan cepat. Mulai dari segi kesehatan, nutrisi pakan, hingga target waktu yang ditentukan. Dengan nutrisi yang baik, Anda akan mendapatkan sapi yang sehat dan besar.

meningkatkan bobot sapi dengan cepat
Foto: Pixabay

Selain itu, manajemen dan disiplin juga sangat dianjurkan dalam usaha ternak sapi. Pengelolaan yang baik akan memengaruhi segala segi, mulai dari modal, tempat, dan pakan sapi. Deretan bahan-bahan dan komposisi nutrisi dari makanan sapi pun harus diperhatikan.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk memastikan bahwa bobot sapi meningkat secara optimal. Hal-hal ini bila dilakukan secara rutin, kesehatan dan kualitas sapi potong tentu akan terjaga. Berikut beberapa tipsnya.

Loading...

Mengatur jam makan sapi

Aturlah waktu yang tepat untuk memberikan pakan kepada sapi. Pengaturan ini akan sangat memengaruhi kebiasaan para sapi dalam menerima makanan. Makanan akan segera dimakan dengan lahap karena rentang waktu yang diberikan konsisten. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menyediakan air minum.

Sapi kadang membutuhkan air saat menelan makanan yang memiliki tekstur kasar. Air minum akan membantu sehingga proses makan tidak terganggu. Dengan begitu, sapi akan gemuk maksimal.

Jangan pernah meninggalkan pakan sisa di kandang karena sapi akan makan sebelum waktu tiba. Ini memengaruhi selera makan sapi saat jam makan tiba karena sudah kenyang terlebih dahulu.

Pentingnya suplemen untuk sapi

Suplemen sangat penting untuk ternak sapi potong Anda karena akan merangsang nafsu makan sapi sehingga sapi akan makan lebih lahap. Makanan yang diberikan pun akan segera disantap habis oleh sapi.

Fungsi lain dari suplemen adalah agar penyerapan nutrisi dari pakan ke dalam tubuh ternak lebih optimal. Oleh karena itu, sapi potong yang gemuk bukan impian lagi. Setelah mengetahui tips di atas, Anda juga harus memerhatikan yang lain. Salah satunya adalah bahan pakan ternak sapi.

Baca Juga:  Beternak Kambing Samosir, Kambing Lokal Indonesia Barat
Loading...
Loading...