Tips Meningkatkan Kesuburan Tanaman

Pertanianku — Tanaman yang subur pasti diinginkan oleh petani agar bisa mendapatkan hasil panen yang melimpah. Namun, sayangnya, tidak semua tanaman dapat tumbuh subur, apalagi jika penanaman tidak dilakukan dengan baik. Berikut ini beberapa tips meningkatkan kesuburan tanaman yang cukup mudah Anda lakukan.

meningkatkan kesuburan tanaman
foto: pertanianku

Kesuburan tanah

Kesuburan tanah bisa dilihat dari tiga faktor, yaitu kondisi fisik, kimia, dan biologi tanah. Jika dilihat secara fisik, tanah yang subur merupakan tanah yang gembur. Untuk mendapatkan tanah yang gembur, petani akan melakukan pembalikan tanah terlebih dahulu. Selanjutnya, tanah yang subur juga mengandung unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman, baik unsur hara makro maupun unsur mikro.

Tanah yang subur juga mengandung bahan organik dan jasad hidup seperti bakteri Rhizobium yang hidup di dalam tanah.

Berikan Effective microorganism

Effective microorganism atau EM4 merupakan pupuk berbentuk cairan dan terdiri atas kultur campuran dari berbagai mikroorganisme yang bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan tanah. EM4 juga bisa berfungsi untuk memfermentasi bahan organik di dalam tanah menjadi gula, alkohol, asam amino, asam laktat, vitamin, dan unsur hara lainnya yang bisa menyuburkan tanaman.

Biasanya, bau EM4 tidak begitu disukai oleh serangga sehingga bisa mencegah serangga bertelur di dalam tanah. EM4 juga dapat digunakan untuk membuat bokashi yang terbukti mampu memperbaiki struktur dan tekstur tanah.

Pupuk organik cair

Pupuk organik terbuat dari bahan-bahan alami seperti pupuk kandang. Pembuatan pupuk organik cair terbilang cukup mudah. Caranya, rendam pupuk kandang ke dalam karung goni yang berpori seberat 20 kg. Rendam selama 1 minggu di dalam drum dengan kapasitas 100 liter air. Setelah air berubah warna menjadi kuning, lakukan pengenceran dengan air untuk mengurangi warna yang terlalu pekat. Pupuk cair diberikan sebanyak 100 ml 1—2 kali dalam 1 minggu.

Baca Juga:  Khasiat Lada untuk Kesehatan Tubuh

Iklim

Iklim merupakan kondisi rata-rata cuaca pada suatu daerah dalam jangka waktu lebih kurang 30 tahun. Sementara itu, cuaca merupakan keadaan udara yang berhubungan dengan sinar matahari, suhu, hujan, kelembapan udara, awan, dan kecepatan angin di suatu daerah dalam jangka waktu tertentu.

Cuaca bisa berubah-ubah dalam kurun waktu yang cepat. Cuaca bisa memengaruhi kesuburan tanaman karena memengaruhi intensitas sinar matahari, suhu, curah hujan yang turun, kelembapan, dan kecepatan angin.

 

 


loading...