Tips Meningkatkan Usaha Budidaya Ikan agar Semakin Menguntungkan

Pertanianku — Prospek usaha budidaya ikan memang tinggi dan menjanjikan bagi siapa saja yang tertarik untuk melakukannya. Selain itu, masih banyak potensi yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku untuk meningkatkan usaha budidaya ikan jadi lebih menguntungkan. Berikut ini beberapa peluang yang bisa Anda manfaatkan untuk menaikkan nilai usaha Anda.

usaha budidaya ikan
foto: pertanianku

Komoditas ikan budidaya

Pilihlah jenis ikan yang banyak digemari, mudah laku di pasar dengan harga yang baik serta memiliki nilai ekspor yang tinggi. Hal tersebut tentu saja dapat menaikkan kentungan pada semua aspek usaha. Ikan lebih mudah laku di pasaran karena ikan disukai atau dibutuhkan sehingga perputaran usaha menjadi lebih cepat.

Loading...

Produk bernilai lebih

Gunakan ikan yang bisa diolah menjadi produk bernilai tambah (value added product), yakni produk yang dapat mempermudah konsumen dalam menggunakannya. Contoh dari produk tersebut adalah nugget dan makanan olahan lainnya.

Penggunaan lahan

Anda bisa memanfaatkan lahan yang sempit untuk diaktifkan menjadi lahan produktif yang bisa mendatangkan keuntungan. Pada dasarnya, setiap lahan bisa dijadikan sebagai tempat budidaya ikan selama lahan itu masih bisa menampung air sebagai media budidaya.

Kondisi pasar

Ada beberapa kondisi pasar yang bisa membuat usaha budidaya ikan Anda menghasilkan keuntungan yang besar. Biasanya, pada saat hari raya keagamaan dan hari libur tertentu permintaan ikan meningkat. Selain itu, permintaan juga lebih tinggi jika dilakukan di daerah yang biasa mengonsumsi ikan sebagai makanan pokoknya. Oleh karena itu, daerah tersebut akan membutuhkan suplai ikan yang lebih besar.

Ada kalanya angin bertiup sangat kencang dan mengakibatkan nelayan tidak bisa melaut sehingga pemasaran ikan hasil tangkapan berkurang. Pada kondisi itu, ikan hasil budidaya memiliki peluang yang besar untuk memenuhi seluruh permintaan di pasar.

Baca Juga:  Minimalisir Risiko Ikan Stres Saat Pengangkutan dengan Membuatnya Pingsan

Peluang permintaan ikan hasil budidaya semakin meningkat pada saat terjadi wabah flu unggas atau hewan ternak darat lainnya. Pada saat itu kebutuhan protein hewani dari ternak dan unggas menjadi terbatas dan bisa dipenuhi oleh protein dari ikan.

 

 

Loading...
Loading...