Tips Menjaga Kehangatan untuk Anak Itik

Pertanianku Anak itik atau day old duck (DOD) memerlukan kehangatan di dalam kandangnya. Itik merupakan hewan yang sensitif terhadap suhu, terutama suhu dingin. Jika temperatur udaranya terlalu rendah, perkembangan itik akan terganggu. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan kandang yang hangat bagi anak itik.

anak itik
foto: Pertanianku

Untuk menstabilkan kehangatan di dalam kandang, Anda bisa membuat induk buatan. Induk yang dimaksud di sini adalah alat pemanas berupa lampu minyak atau listrik.

Induk buatan sederhana diciptakan dari lampu minyak atau listrik (sekitar 40 Watt) yang dipasang di bagian tengah kandang. Lampu-lampu tersebut setidaknya dapat menghangatkan sekitar 100 ekor DOD.

Bahan yang digunakan untuk membuat kandang adalah material yang mampu menangkal hawa dingin dari luar, misalnya kayu dan seng.

Untuk mengetahui apakah temperatur ruangan sudah cukup, bisa Anda lakukan dengan cara melihat sebaran itik. Apabila suhu di dalam kandang terlalu panas, anak itik akan terlihat berada di pinggir kandang. Sementara itu, jika suhu di dalam kandang terlalu dingin, itik akan berkumpul di dekat sumber panas.

Suhu di dalam kandang dapat dikatakan ideal apabila sebaran itik di dalam kandang merata. Tidak hanya terpusat di dekat pemanas atau justru menjauh dari pemanas.

Anak itik bisa lebih aman dipelihara di dalam kandang starter. Tingkat kepadatan di dalam kandang harus disesuaikan dengan ukuran luas kandang, jangan sampai tingkat kepadatan terlalu tinggi sehinga menyebabkan anak itik sulit bergerak dan tidak bisa mendapatkan makanan secara merata. Bagian atas kandang anak itik ditutup, lalu dibuka secara perlahan-lahan hingga anak itik sudah berumur lebih dari delapan hari.

Berikan air gula merah dengan dosis 50 gram per 1 liter air. Air gula berkhasiat menghilangkan stres pada anak itik yang baru saja melakukan perjalanan. Setelah diberikan air gula merah, berikan air minum yang dicampur dengan vitamin. Dosis yang digunakan harus sesuai dengan anjuran yang tertera pada kemasan. Vitamin diberikan selama satu minggu agar tubuh itik tetap sehat dan nafsu makan meningkat.

Baca Juga:  Kriteria Kandang Itik yang Ideal