Tips Menjaga Kesehatan Ayam Ternak dari Perubahan Cuaca

Pertanianku — Setiap perubahan cuaca dari musim hujan ke musim panas, atau sebaliknya dari musim panas ke musim hujan, biasanya akan menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Oleh karena itu, peternak harus melakukan beberapa persiapan untuk menyambut perubahan cuaca untuk menjaga kesehatan ayam ternak.

menjaga kesehatan ayam
foto: pertanianku

Persiapan tersebut pada umumnya menyiapkan tempat yang nyaman serta pakan yang bernutrisi serta vitamin tambahan. Pasalnya, saat pergantian musim, ayam rentan terkena ngorok, tidak mau makan sehingga produksi telurnya menurun. Oleh karena itu, penting menjaga kesehatan ayam ternak saat perubahan cuaca tengah berlangsung.

Kesiapan kandang

Loading...

Sebelum musim hujan tiba, kandang harus sudah disiapkan. Benahi bagian atap jika terdapat kebocoran. Air hujan yang masuk ke kandang dan membasahi litter, pakan, bahkan ayam akan menjadi masalah baru yang lebih rumit dibanding memperbaiki atap kandang. Perhatikan kondisi gudang penyimpanan pakan. Jika lantainya lembap, gunakan penyangga yang terbuat dari kayu atau bambu.

Saluran air di sekitar kandang juga harus diperhatikan. Tujuannya adalah agar saat hujan turun deras aliran air di saluran lancar atau tidak menggenang. Dengan begitu, meminimalisir risiko banjir serta genangan-genangan lain yang berpotensi menjadi sumber penyakit.

Perhatikan sumber air minum yang digunakan. Pada musim hujan, volume air tanah hampir sama dengan permukaan. Jika sumber air dekat dengan kandang, disarankan untuk memberikan klorin pada air minum.

Perhatikan rumput yang biasanya tumbuh subur pada musim hujan. Tebas rimbunan rumput yang bisa menjadi tempat tinggal tikus dan lalat.

Kesesuaian manajemen

Manajemen kandang yang digunakan harus disesuaikan dengan cuaca yang akan dihadapi. Terapkan biosekuriti dengan menjaga sanitasi semua barang dan alat yang akan masuk ke lingkungan peternakan serta siapkan tempat dipping di depan kandang. Pekerja yang akan masuk ke kandang pun harus mengikuti sistem biosekuriti yang sudah ditetapkan.

Baca Juga:  Pentingnya Memahami Kandungan Pakan Sapi yang Diberikan

Lakukan manajemen penyimpanan pakan yang dilakukan dengan memperhitungkan kondisi gudang selama musim hujan. Hindari pakan kebasahan karena bisa menurunkan kualitas. Selain pakan wajib kering, litter di dalam kandang juga harus kering. Jika litter basah, secepatnya ganti dengan yang kering.

Kesiapan petugas

Petugas sudah harus terlatih siap dengan kemungkinan-kemungkinan yang bersifat mendadak, seperti mengoptimalkan suhu selama masa brooding, mengontrol kondisi atap, saluran air, kondisi gudang, serta kondisi lingkungan sekitar.

 

Loading...
Loading...