Tips Menjaga Kesehatan Domba


Pertanianku – Menjaga kesehatan domba menjadi prioritas penting yang harus dilakukan peternak. Pemberian pakan berkualitas sertapengelolaan dan pemeliharaan yang baik menjadi salah satu kuncinya.

Perbedaan Kaming dan Domba

Berikut ini beberapa faktor penting yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan domba.

1. Sanitasi

Sanitasi adalah upaya menjaga kesehatan lewat kebersihan. Sanitasi yang harus diperhatikan terutama hal berikut ini.

  • Kandang

Lantai diupayakan selalu dalam kondisi kering dan bersih, sirkulasi udara harus terjamin, dan ruangan selalu bisa mendapatkan sinar matahari pagi yang cukup.

  • Lingkungan

Di sekitar kandang dibuat parit agar tidak menimbulkan genangan air atau kondisi lembap. Demikian pula pada lapangan penggembalaan yang tiap batas petaknya juga dibuat parit agar aliran air lancar. Dengan demikian, saat hujan lapangan penggembalaan menjadi tidak becek.

  • Domba sebagi penghuni kandang

Semua domba yang menghuni kandang juga harus bersih. Caranya adalah dengan memandikan dan mencukur bulunya secara rutin. Domba-domba yang sakit dipisahkan dari kelompok yang sehat.

  • Peralatan

Tempat pakan dan air minum dibersihkan dan dicuci pada setiap hari sehingga tidak memberi peluang bagi penyebaran penyakit.

2. Menggembalakan domba

Menggembalakan domba berarti memberikan kesempatan kepada domba untuk berolah raga, melatih otot-ototnya, dan memperlancarperedaran darah. Dengan demikian, domba menjadi lebih sehat.

3. Pakan

Pemberian pakan berkualitas rendah yang tidak memenuhi kandungan gizi dapat mengakibatkan defisiensi pada domba. Sebaliknya, pemberian pakan berkualitas dengan gizi tinggi akan meningkatkan produktivitas dan mencegah timbulnya penyakit.

4. Vaksinasi

Bila dirasa perlu, vaksinasi tertentu harus dilakukan, terutama jika di suatu daerah terjadi wabah penyakit. Untuk mencegah penyebaran penyakit, harus segera dilakukan vaksinasi terhadap semua domba yang dipelihara. Di samping itu, obat-obat yang berkualitas juga perlu disediakan sebagai upaya antisipasi pengobatan pada domba yang sakit.

Baca Juga:  Ternyata Ini Fungsi Jenggot yang Dimiliki Hewan

Sumber: Buku Beternak Domba

loading...
loading...