Tips Menjaga Kesehatan Gigi Kuda

Pertanianku — Gigi digunakan oleh kuda untuk memakan konsentrat dan rumput. Anda harus menjaga kondisi gigi kuda agar tetap prima sehingga kuda bisa makan dengan nyaman. Untuk mengetahui permasalahan pada gigi sedini mungkin, Anda perlu melakukan pemeriksaan sebanyak 1—2 kali dalam setahun.

gigi kuning
foto: unsplash

Gigi yang busuk bisa menyebabkan kuda susah mengunyah sehingga menyebabkan makanan jatuh dari mulut. Kuda yang tidak bisa makan dengan baik akan mengalami kekurangan gizi dan menyebabkan pertumbuhannya terganggu.

Gejala dari kondisi gigi yang busuk dapat diidentifikasi melalui bau mulut, tidak bisa mengunyah batang rumput, dan kuda terlihat tidak nyaman saat menggigit pakan.

Loading...

Sakit gigi yang dibiarkan dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan kuda tercekik, kolik, dan kehilangan berat badan karena kuda kesulitan untuk makan.

Pada saat makan, kuda lebih cenderung menggiling makanannya sehingga gigi geraham kuda akan lebih sering lelah. Pada saat makan, bagian geraham bawah akan miring ke arah luar, sedangkan bagian geraham atas akan miring ke arah luar dan ke atas.

Penggilingan makanan akan terus terjadi selama makan dan menyebabkan tepi dalam dari geraham bawah menjadi sangat tajam dan bisa melukai lidah kuda. Selain itu, bagian luar geraham atas juga bisa menjadi tajam dan bisa melukai pipi bagian dalam kuda. Pada kondisi tersebut, kuda sudah tidak bisa mengunyah makanan sempurna sehingga menyebabkan makanan yang masuk akan jatuh. Jika dibiarkan, kuda akan mengalami kekurangan gizi.

Gigi yang sudah tajam harus dikikir untuk mencegah munculnya luka yang bisa menyebabkan bagian dalam mulut kuda infeksi.

Pemeriksaan gigi bisa dilakukan dari samping, caranya dengan menarik rahang bagian bawah dengan tangan kiri hingga terbuka lebar. Selanjutnya, raih lidah dengan tangan kanan. Saat melakukan pemeriksaan, jika Anda melihat bagian yang tajam atau tengah pada gigi, gigi tersebut harus dikikir dengan lembut.

Baca Juga:  Beternak Cacing Sutera, Bisnis Sampingan Untung Jutaan

Tenang saja, pengikiran tersebut tidak akan menyebabkan kuda kesakitan. Selama proses pengikiran, kuda akan berdiri dengan tenang sampai kegiatan tersebut selesai.

 

 

Loading...
Loading...