Tips Menjaga Kualitas Buah Tabulampot

Pertanianku — Tabulampot memang membutuhkan perhatian khusus setiap saat agar kualitas pohon serta buah yang dihasilkan tetap terjaga dengan baik. Seperti halnya pascapanen buah, pohon tetap harus dipelihara secara khusus agar dapat menghasilkan kualitas buah tabulampot yang bagus.

kualitas buah tabulampot
foto: pertanianku

Selama masa pertumbuhannya, buah tambulampot sering kali mengalami berbagai gangguan faktor luar. Misalnya, kulit yang cacat karena terserang hama atau penyakit, ukuran buah yang dihasilkan kecil-kecil, dan penampilan dari buah ataupun pohon yang tumbuh kurang maksimal.

Amati setiap bagian pohon dari penyakit

Loading...

Jika pada umumnya penyemprotan pestisida seminggu sekali pada daun dan buah sudah cukup untuk mengendalikan serangan hama dan penyakit, tabulampot harus mendapatkan penanganan khusus dengan cara pengamatan sedini mungkin. Dengan begitu, bagian tanaman yang terserang penyakit dapat dihilangkan dan dikendalikan.

Lakukan penjarangan

Setelah bakal buah berkembang dengan sempurna dan bisa dipastikan akan menjadi buah, tanaman harus dilakukan penjarangan. Saat melakukan penjarangan, Anda juga dapat melakukan seleksi bagian tanaman yang sudah harus dibuang. Penjarangan dilakukan untuk menyalurkan zat makanan pada calon bakal buah secara optimal. Kalau tidak dilakukan penjarangan, zat makanan akan tersalurkan ke berbagai bagian lain dari tumbuhan.

Bakal buah yang mendapatkan zat makanan dengan optimal akan mendapatkan pertumbuhan yang maksimal sehingga buah yang dihasilkan jauh lebih besar. Selain itu, bentuk buah yang dihasilkan akan lebih baik karena ruang untuk berkembang semakin besar. Penjarangan juga dapat menyebabkan buah lebih mudah terkena paparan sinar matahari dengan baik sehingga warna buah menjadi lebih indah.

Tips agar buah lebih manis

Agar kualitas buah tabulampot yang tumbuh menjadi lebih manis, kurangi penyiraman sebanyak 1—2 minggu sebelum buah dipanen. Namun, Anda harus melakukannya dengan hati-hati, jangan sampai pohon kekurangan air saat umur buah masih muda. Pohon yang kekurangan air dapat menyebabkan ukuran buah menjadi lebih kecil.

Baca Juga:  Kunci Sukses Berkebun Durian

Tips memperbanyak buah jambu air

Pada pohon jambu air, agar buah tumbuh lebat dapat dilakukan pemangkasan akar. Pemangkasan akar dapat dilakukan denan mencabut tanaman dari pot. Lalu, baringkan tanaman dan potong bagian bawah tanaman setebal 12—13 cm dengan pisau. Potong sisi samping 12—15 cm secara melingkar. Setelah itu, masukan kembali pohon ke pot dan tambahkan pupuk kandang untuk mengisi ruang kosong di dalam media.

Hindari lalat buah dari buah

Buah yang rentan diserang oleh lalat sebaiknya dibungkus dengan kantong plastik, kertas semen, atau bahan lainnya. Selain dapat menghindari lalat, teknik ini dapat membuat warna dan ukuran buah menjadi lebih bagus.

 

Loading...
Loading...