Tips Menjemur Burung Lovebird


Pertanianku Menjemur burung cinta sehabis dimandikan atau tidak dimandikan sebaiknya dilakukan pagi hari antara pukul 07.00 sampai pukul 10.00. Lewat dari waktu tersebut, sebaiknya dihindari. Selain panasnya sudah terlalu menyengat, manfaatnya pada tubuh burung kurang baik.

Mencetak Bulu Eksotis dan Unggulan Kontes

Tidak sebatas untuk mengeringkan bulunya yang basah setelah dimandikan atau meminimalkan adanya parasit penganggu pada tubuh dan sangkarnya, ada tujuan utama dari menjemur burung, yaitu bisa membuat burung tetap sehat dan beraktivitas dengan baik sepanjang hari. Artinya, sinar ultraviolet memberi dampak positif pada tubuh burung, terutama burung cinta anakan dan masih muda atau remaja yang masih dalam tahap pertumbuhan. Sementara itu, keuntungan menjemur untuk burung unggulan kontes, di antaranya tetap sehat, panjang umur, rajin menyuarakan suaranya, dan diharapkan bisa membuat performanya tampil apik sepanjang waktu.

Sinar matahari pagi sangat bermanfaat sebab berperan penting dalam pembentukan kalsium. Kalsium merupakan mineral yang sangat penting dalam pembentukan tulang dan membangun keseimbangan fisiolgi. Jika kekurangan kalsium, tulang akan rapuh dan mudah patah. Mineral ini tidak dapat diabsorsi tanpa kehadiran vitamin D3. Burung memperolah vitamin D3 dari makanan dan sintesis di kulit. Sementara itu, sintesis vitamin D3 di kulit membutuhkan sinar ultraviolet di pagi hari. Untuk melancarkan prosesnya, burung harus mendapatkan sinar matahari pagi secara langsung.

Sinar matahari pagi juga sangat membantu proses reproduksi. Secara alami sinar matahari pagi, khususnya dapat mengontrol spermatogenetis pada burung jantan. Jika panas matahari yang diterimanya kurang dari mencukupi, dapat berpengaruh pada reproduksi dan bisa mengakibatkan kegagalan. Sinar ultraviolet juga sangat berperan pada burung yang mengalami ganti bulu dalam pertumbuhan bulu baru. Dengan demikian, sinar matahari pagi cukup penting dalam proses pertumbuhan, metabolisme, reproduksi, dan tingkah laku burung.

Baca Juga:  Cara Ternak Marmut Supaya Beranak Pinak

Lamanya penjemuran burung perlu dibatasi, terutama burung cinta anakan dan burung cinta remaja, sekitar 20—30 menit. Untuk burung dewasa, umumnya menjemur selama 1—2 jam, tergantung kondisi dan dilakukan secara bertahap. Untuk lovebird unggulan kontes, penjemurannya tidak sama, baik cara dan waktunya karena masingmasing kicau mania mempunyai trik tersendiri untuk merawat lovebird yang sudah dikonteskan. Ada yang menjemurnya selama setengah jam setelah dimandikan dan ada yang sampai satu jam, lalu diangin-anginkan.

Selain itu, ada yang ditempatkan di satu tempat aman dan masih bisa mendapat hawa panas. Panas yang terlalu terik (di atas pukul 10.00) tidak baik untuk menjemur burung. Namun, hal tersebut tidak berlaku pada burung cinta yang maunya dijemur lama di terik matahari sebab sudah terbiasa agar bisa berpenampilan prima ketika dikonteskan. Jika sebatas ingin mengeringkan bulunya sesudah dimandikan, penjemuran bisa dilakukan sore hari antara pukul 15.00—16.00 karena panasnya sudah tidak terlalu menyengat. Itu pun jika sinar matahari masih bersinar terang.

 

Sumber: Buku Love Bird

 

loading...
loading...