Tips Menyediakan Sapi Kurban yang Berkualitas

Pertanianku — Sapi yang berkualitas tentunya akan semakin mudah diserap (dibeli) oleh konsumen. Oleh karena itu, untuk menyambut hari raya Iduladha yang akan tiba, para peternak sudah seharusnya menyiapkan hewan ternaknya agar siap dijual pada hari tersebut dengan harga yang baik. Sapi kurban harus berusia dua tahun memasuki tahun ketiga. Berkut ini beberapa tips menyediakan sapi kurban yang berkualitas agar mudah dipilih.

sapi kurban
foto: pertanianku

Memilih bakalan yang tepat

Bakalan merupakan kunci dasar dari keberhasilan usaha peternakan. Pilihlah bakalan sapi yang memiliki laju pertumbuhan yang tinggi agar dapat melakukan usaha penggemukan dalam waktu yang lebih cepat. Jenis sapi simental dan limousine merupakan jenis sapi yang memiliki laju pertumbuhan yang tinggi sehingga baik untuk digemukkan. Selain laju pertumbuhan, Anda juga harus memerhatikan kesehatan, pastikan tidak ada cacat satu pun di tubuh sapi.

Loading...

Pilih bakalan yang sudah beradaptasi

Sapi yang stres cenderung susah makan dan tidak nyaman berada di kandang. Stres tersebut bisa disebabkan oleh bakalan belum bisa beradaptasi dengan baik di kandang. Oleh karena itu, untuk mencegah gerakan sapi yang membahayakan tubuhnya sendiri sehingga dapat menimbulkan kecacatan, sebaiknya pilihlah bakalan yang mudah beradaptasi.

Sapi kurban harus sehat dan tidak memiliki satu cacat dalam tubuhnya. Tidak ada kebutaan di mata, kaki pincang, sakit, kurus, telinga terputus sebagian atau seluruhnya, serta ekornya terputus sebagian atau seluruhnya. Anda harus pintar merawat sapi agar tidak mengalami kejadian tersebut.

Pakan

Pakan merupakan kunci utama keberhasilan penggemukan sapi. Pakan yang digunakan harus bernutrisi lengkap agar mampu menunjang pertumbuhan sapi. Sapi yang kurus tidak akan laku dijual pada hari raya kurban, hanya sapi yang gemuk dan sehat yang bisa dipilih. Ada banyak jenis pakan yang bisa Anda manfaatkan. Tak harus membeli pakan yang mahal untuk menaikkan bobot sapi.

Baca Juga:  Cara Mencegah Ayam Ngorok

Selain pertambahan bobot berat badan sapi, pakan yang tepat dapat mempercepat pertumbuhan sapi sehingga sapi siap untuk dijual pada hari raya kurban.

 

 

Loading...
Loading...