Tips Menyeleksi Sapi Betina


Pertanianku – Untuk mendapatkan keturunan sapi yang baik, diperlukan sapi dengan garis keturunan yang baik pula. Salah satunya dengan seleksi induk yang baik. Seleksi penting dilakukan terhadap sapi betina atau calon induk betina.

Prospek Bisnis Penggemukan Sapi

  • Fisik yang baik

Secara fisik sapi betina yang akan dijadikan induk harus memilikitubuh yang utuh; kerangka kuat, besar, baik, dan lengkap; serta tulang pinggulnya besar dan kuat. Bagian tubuh, seperti kepala, mata, hidung, telinga, kaki, dan ekor tidak ada yang cacat sedikit pun.

  • Kesehatan

Sapi yang dijadikan induk harus sehat. Sapi yang tidak sehat akan rentanmenurunkan penyakit. Sehat memiliki arti bebas dari penyakit yang dapat  dilihat dan dipantau. Selain itu, tubuh sapi betina harus mulus tidak ada cacat dan tidak ada ciri-ciri sakitnya, termasuk suara dan dengus napasnya tersebut.

  • Reproduksi

Alat reproduksi sapi secara fisik dalam kondisi sempurna dan tidak menandakan gejala adanya penyakit yang menyerang kelamin dan saluran peranakannya. Saluran kelamin harus dalam kondisi bersih. Gangguan pada alat reproduksi akan memberikan pengaruh pada keturunannya. Sapi yang telah normal akan beranak dalam setiap tahunnya. Parameter performa reproduksi sapi dapat dilihat dari aspek umur pubertas, calving interval (jarak kelahiran), service per conception (jumlah perkawinan atau inseminasi hingga diperoleh kebuntingan), estrus post partum (berahi setelah beranak), dan siklus estrus.

  • Kondisi ambing

Kondisi ambing sapi harus diperhatikan. Ambing yang baik akanmemberikan produksi susu yang maksimal untuk membesarkan anaknya.  Kondisi ambing dalam keadaan baik, utuh, tidak cacat, besar, serta dilengkapi puting susu yang jumlahnya 4 buah dalam kondisi baik semua.

 

Sumber: Buku Beternak Sapi Limousin

 

Baca Juga:  Lebih Sehat Daging Kambing atau Daging Domba? Ini Jawabannya!
loading...
loading...