Tips Menyimpan Buah Jeruk Pascapanen

Pertanianku — Panen buah jeruk dilakukan bila buah sudah menunjukkan tanda-tanda kematangan. Dalam satu pohon, panen ini dapat dilakukan dalam waktu yang berbeda-beda. Sebab, tingkat kematangannya juga berbeda. Setelah panen, buah akan disimpan. Berikut ini tips menyimpan buah jeruk yang sudah dipanen agar lebih awet.

tips menyimpan buah jeruk
Foto: pixabay

Penyimpanan buah jeruk dilakukan karena beberapa tujuan. Pertama, buah disimpan untuk memperpanjang kegunaan. Kedua, buah yang sudah matang ditampung karena hasil panen yang melimpah. Ketiga, buah disimpan sebagai sediaan buah jeruk sepanjang tahun. Selain itu, alasan lainnya adalah untuk mempertahankan kualitas jeruk yang disimpan.

Agar tidak cepat busuk, kunci penyimpanan buah jeruk adalah mengendalikan laju respirasi dan transpirasi. Buah jeruk yang disimpan juga harus dilindungi dari adanya penyakit. Selain itu, penyimpanan buah dilakukan agar tidak ada perubahan yang tidak diinginkan.


Loading...

Tips menyimpan buah jeruk adalah meletakkannya dalam ruang dingin. Ruangan dengan suhu rendah akan menghambat aktivitas respirasi dan metabolisme. Dengan begitu, jeruk yang disimpan tidak cepat lunak, kehilangan air, dan mengalami pelayuan.

Jeruk yang disimpan dalam ruang dingin cenderung terbebas dari pertumbuhan mikroba seperti bakteri dan cendawan. Suhu optimum untuk penyimpanan buah jeruk dalam ruang pendingin berkisar 5—10 derajat Celcius.

Suhu yang terlalu rendah dapat menyebabkan kerusakan pada buah. Kerusakan bahan makanan, termasuk buah jeruk karena suhu yang terlalu rendah disebut juga sebagai chilling injury. Agar lebih optimal, usahakan suhu ini selalu stabil.

Selain suhu, hal lain yang perlu diperhatikan dalam penyimpanan buah jeruk adalah kelembapannya. Kelembapan yang terlalu rendah akan menyebabkan pelayuan buah jeruk. Jika terlalu lama, buah jeruk akan menjadi keriput. Anda dapat melembapkan ruangan pendingin dengan cara menyemprotkan air ke arah lantai.

Baca Juga:  Logtan: Digitalisasi Pertanian untuk Maksimalkan Produktivitas Hasil Panen

Sebaliknya, kelembapan yang tinggi akan memicu adanya pembusukan. Terutama, jika suhu dalam ruangan terus berubah dan tidak stabil. Untuk mengurangi kelembapan, pastikan ruangan pendingin memiliki sirkulasi udara yang baik.

Wadah penyimpanan buah jeruk pun umumnya menggunakan peti kayu. Bobot maksimal setiap peti sebaiknya tidak lebih dari 30 kilogram.

Loading...
Loading...