Tips Menyimpan Daging yang Baik

Pertanianku – sangat penting untuk mengetahui cara menyimpan daging yang baik dan benar. Tujuannya, supaya nutrisi yang terdapat dalam daging tidak hilang. Penyimpanan yang salah akan memengaruhi kandungan nutrisi dalam makanan Anda. Lantas, bagaimana cara menyimpan daging yang baik?  Berikut langkah-langkahnya.

Tips Menyimpan Daging yang Baik

  • Simpan daging pada suhu -1—5°C

Apabila daging tidak langsung dimasak, sebaiknya simpan di kulkas pada bagian yang paling dingin, yaitu suhunya minus 1–5°C.

Loading...

Jika daging kotor, sebaiknya potong bagian yang kotor lalu singkirkan. Anda tidak perlu buru-buru mencuci daging yang kotor. Terlebih, jika air yang hendak Anda gunakan belum jelas kebersihannya. Air kotor dapat memicu adanya bakteri pada daging. Selain itu, vitamin B dalam daging merah mudah larut dalam air sehingga ketika dicuci vitamin tersebut akan berkurang.

  • Taruh dalam wadah yang tertutup rapat dengan plastik kedap udara

Simpan daging dalam wadah terpisah. Sebaiknya, Anda tidak mencampur dengan daging yang sudah diolah atau dimasak. Letakkan daging mentah atau segar dalam satu lapisan saja. Daging yang ditumpuk dan disimpan lama, akan menempel dan sulit dipisahkan. Sebaiknya bekukan daging dalam potongan kecil. Dengan demikian, Anda hanya mengeluarkan daging sesuai kebutuhan saja dari dalam pendingin.  Daging segar mampu bertahan selama tiga hari.

  • Penyimpanan daging beku

Sebelum dimasukkan, bungkus rapat daging dengan plastik kedap udara. Simpan dalam lemari es dengan suhu ideal -18°C. Jangan simpan daging secara bertumpuk dan usahakan menyimpan daging jangan terlalu banyak. Apabila Anda ingin mengolahnya, biarkan daging mencair dalam kulkas dengan suhu menjadi -1° sampai +4°C.

Jika Anda mencairkan daging di luar kulkas, hasil olahan daging akan terasa keras saat dimakan. Ini karena ada proses pemaksaan saat pencairan. Proses ini menyebabkan kegurihan daging berkurang serta masuknya bakteri.

Baca Juga:  Nata De Cassava, Ide Bisnis dari Limbah Tapioka

Setelah daging mencair, langsung dimasak, jangan dibekukan lagi karena daging sudah terkontaminasi udara dari luar pendingin. Apabila semua langkah telah Anda lakukan dengan benar, daging beku akan bertahan selama enam bulan.

Loading...
Loading...