Tips Menyimpan Kentang Agar Tidak Cepat Busuk


Pertanianku — Anda yang terbiasa menyajikan kentang di menu sehari-hari pasti membutuhkan stok yang cukup banyak. Namun masalahnya, bagaimana kentang-kentang itu bisa awet dan tidak cepat busuk. Tentu ada cara tertentu untuk menyimpan kentang sebagai stok bahan masakan Anda. Berikut ini tips menyimpan kentang agar tidak cepat busuk.

tips menyimpan kentang
Foto: Pixabay
  1. Beli kentang yang masih segar

Saat berbelanja, pilih kentang yang masih segar. Sebab, kentang segar memiliki waktu simpan yang lebih lama. Pilih kentang yang tidak bertunas, teksturnya agak keras, dan tidak busuk. Selain itu, jangan pilih kentang yang berwarna hijau. Artinya, kentang masih muda dan pahit. Sebaiknya, beli kentang yang berwarna kekuningan dengan permukaan tidak bergelombang.

Jika telanjur beli kentang yang kurang segar, lakukan dua hal berikut. Pertama, pisahkan kentang rusak dari kentang lainnya. Jangan simpan terlalu lama, gunakan segera kentang tersebut (maksimal 2 hari). Kedua, potong dan buang bagian yang rusak. Sementara, bagian yang segar direndam dalam air dingin. Boleh disimpan maksimal 1 hari.

  1. Jangan cuci kentang

Banyak orang yang mencuci kentang sebelum disimpan. Nyatanya, kentang yang lembap malah cepat busuk. Justru, kentang harus dijaga agar tetap kering agar tidak ditumbuhi jamur. Jangan takut kotor atau kuman. Sebab, Anda bisa mencuci kentang sebelum dimasak.

  1. Simpan di tempat kering

Sebenarnya, kentang bertahan 1—2 minggu di suhu ruang. Namun, agar lebih tahan lama, simpan kentang di tempat yang kering, tidak lembap, dan tidak terpapar sinar matahari. Berdasarkan suhu, 6—7°C adalah suhu yang paling tepat. Pada suhu tersebut kentang bisa bertahan selama 2—3 bulan.

Misalnya, masukkan kentang pada plastik yang sudah dilubangi atau keranjang jaring. Lubang dan jaring berguna untuk sirkulasi udara (agar tidak lembap). Kemudian, simpan di lemari kering yang tidak terkena cahaya langsung.

Baca Juga:  Rahasia Sukses Budidaya Singkong Gajah

Tips lainnya adalah tidak menyimpan kentang dalam kulkas. Sebab, suhu kulkas terlalu dingin untuk kentang. Akhirnya, kentang akan berwarna kehitaman saat dimasak.

  1. Rutin cek kesegaran kentang

Selain suhu dan kelembapan, banyak faktor lain yang pengaruhi kesegaran kentang. Misalnya, penyakit atau serangga. Oleh karena itu, cek kentang secara rutin dan pilih kentang yang sudah hampir busuk. Gunakan kentang tersebut lebih dulu untuk dimasak.

  1. Freezer bisa jadi solusi

Freezer memang solusi alternatif penyimpanan jangka panjang. Faktanya, kentang tahan selama 10—12 bulan dalam keadaan beku. Hanya saja, kentang yang bisa disimpan adalah kentang matang bukan mentah. Oleh karena itu, masak atau rebus kentang sebelum dibekukan.