Tips Menyimpan Mangga Agar Tidak Cepat Busuk

Pertanianku — Bagi Anda penggemar buah mangga, mungkin akan sangat menyenangkan jika bisa menyimpan banyak buah ini di rumah sebagai stok. Namun, akan sangat menyebalkan jika buah mangga yang sudah matang itu segera membusuk. Apakah ada tips tertentu mengenai menyimpan mangga yang sudah matang supaya bisa bertahan lama?

menyimpan mangga
Foto: Dok. Pertanianku

Mangga adalah buah yang bisa matang dengan sendirinya. Oleh karena itu, banyak orang yang suka menjualnya saat masih mentah. Anda yang suka makan mangga muda, langsung saja simpan di dalam kulkas.

Jika disimpan dalam suhu ruangan, proses pematangannya bisa semakin cepat, kira-kira sekitar 3 hari. Mangga matang bisa bertahan hingga dua pekan di dalam kulkas. Namun, mangga yang sudah dikupas atau dipotong hanya dapat bertahan 2—3 hari di dalam kulkas.


Loading...

Buah yang satu ini memang banyak sekali penggemarnya. Sayangnya, buah mangga yang sudah matang mudah sekali busuk jika tak disimpan dengan benar.

Untuk buah mangga yang sudah matang, alangkah baiknya untuk disimpan saja di dalam lemari es. Suhu dingin dari kulkas akan membuat mangga yang sudah matang tak semakin matang dan mudah busuk. Meskipun begitu, buah mangga yang sudah matang memang sebaiknya langsung dikonsumsi saja.

Bila ingin membuatnya semakin tahan lama, Anda bisa mengupas mangga dan memotong dagingnya dan simpan dalam air-tight container alias wadah kedap udara.

Baca Juga:  Bisa Dilakukan di Rumah: Bertanam Zukini dari Biji
Loading...
Loading...