Tips Menyimpan Sayur di Kulkas Agar Tetap Segar


Pertanianku – Belanja sayuran pada akhir pekan memang banyak dilakukan oleh para ibu rumah tangga, terutama bagi wanita yang bekerja. Biasanya mereka akan membeli sayuran untuk persediaan seminggu. Bahan-bahan yang biasanya dibeli antara lain sayur, lauk, buah-buahan atau bumbu dapur. Dan agar bahan masakan tersebut awet, biasanya kita akan langsung memasukkannya ke dalam kulkas atau lemari pendingin.

Tips Menyimpan Sayur di Kulkas Agar Tetap Segar

Menyimpan bahan masakan khususnya sayuran di dalam kulkas bisa membuat sayuran awet. Tapi, tidak jarang penyimpanan sayuran di kulkas yang salah justru membuat sayuran mudah layu dan warnanya tidak hijau lagi dan menjadi kuning. Lantas, bagaimana agar sayuran yang disimpan di kulkas tetap segar dan tidak kuning?

beberapa tips agar sayuran tetap segar dan tidak kuning saat disimpan di kulkas.

  • Bungkus sayuran pakai kertas

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah membungkus sayur pakai kertas. Saat kita membungkus sayur pakai kertas, hal ini bisa membuat sayur menjadi awet segar dan tidak mudah kuning.

  • Cuci sayuran sebelum disimpan di kulkas

Pastikan bahwa Anda menyimpan sayuran yang telah dicuci. Jika selama ini Anda langsung memasukkan sayuran sebelum disimpan, mulai sekarang cobalah untuk menghentikan kebiasaan ini. Sayuran yang tidak dicuci dikhawatirkan mengandung berbagai bakteri yang menyebabkan kulkas tidak sehat dan sayuran pun akan mudah layu dan berwarna kuning. Cuci dahulu sayuran yang hendak disimpan dalam kulkas.

  • Hindari menyimpan sayuran bersama bawang merah atau bawang putih

Bawang merah dan putih adalah dua bumbu masak yang mengandung banyak gas. Jika kedua bumbu dapur tersebut disimpan di kulkas, namun, tidak ditempatkan dalam wadah tertutup, dikhawatirkan hal ini akan membuat gas dalam bawang menjadi penyebab sayuran mudah layu, berwarna kuning bahkan busuk. Usahakan tidak menyimpan bawang di kulkas kecuali Anda telah menempatkannya dalam wadah atau toples yang tertutup.

  • Pastikan kulkas bersih
Baca Juga:  Teknik Sederhana Bertanam Brokoli dalam Pot

Pastikan bahwa kulkas untuk menyimpan sayur bersih dan tidak ada sisa buah atau sayuran lainnya. Sisa buah dan sayuran akan membuat sayuran baru yang disimpan di dalam kulkas mudah layu, busuk hingga berwarna kuning. Idealnya, kulkas dibersihkan setiap satu atau dua minggu sekali.

  • Lubangi plastik sayuran

Jika Anda menyimpan sayuran di dalam plastik, usahakan untuk melubangi plastik terlebih dahulu. Sayuran yang disimpan di dalam plastik sering kali mengeluarkan uap atau gas. Jadi, agar uap tersebut bisa keluar dari dalam plastik, jangan lupa untuk melubangi plastik. Selain menjadi jalan keluarnya uap yang berasal dari sayuran, lubang pada plastik juga akan memudahkan udara dari kulkas masuk ke dalam plastik dan membuat sayuran tetap segar.